Categories
Berita Terbaru

Bedah Neuroendoscopy, Bisa Untuk Penanganan Apa Saja?

Bedah Neuroendoscopy, Bisa Untuk Penanganan Apa Saja? Penyakit stroke adalah suatu penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh, pasalnya penyakit ini merupakan penyebab cacat nomor satu dan penyebab kematian nomor dua di dunia.

Stroke adalah sebuah kondisi yang menyerang bagian tertentu dalam otak manusia. Serangan ini disebabkan karena ada pasokan aliran darah yang menuju otak tiba-tiba terhenti. Kejadian stroke bisa menimpa siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Stroke mengakibatkan beberapa bagian otak tidak berfungsi karena kekurangan oksigen dan darah. Akibat yang paling sering ditemukan setelah serangan stroke adalah gangguan pada sensor motorik atau berkurangnya kemampuan fisik dan juga memori otak.

Saat ini kemajuan teknologi di dunia kedokteran semakin maju, termasuk para dokter ahli bedah yang ada di Indonesia. Salah satu kemajuan teknologi optik di bidang bedah saraf yang berkembang dan terkini adalah neuroendoscopy.

Apa itu Neuroendoscopy?

Neuroendoscopy adalah suatu prosedur operasi yang bersifat minimal invasif yakni dapat masuk ke dalam struktur otak dan tervisualisasi dengan jelas, sehingga pasien di tangani secara maksimal. Dan teknik ini ternyata lebih mampu meminimalkan retraksi struktur otak yang ada di sekitarnya dengan masa rawat yang lebih singkat.

Jadi metode bedah ini dilakukan tanpa membuka tulang tengkorak. Sayatan yang dilakukan oleh dokter pun sangat minim sehingga penderita dari segi kosmetik menjadi lebih baik dan mampu menurunkan angka infeksi, kemungkin berpotensi kehilangan darah dan nyeri paska operasi lebih minimal.

Metode bedah neuroendoscopy dapat diterapkan pada penderita dengan kelainan pembuluh darah, diantaranya adalah :

  1. Aneurisma

Aneurisma salah satu jenis kelainan pembuluh darah otak, di mana terdapat kelemahan pada sebagian dinding pembuluh otak. Pada dinding pembuluh otak yang sangat tipis tersebut terdapat sebuah tonjolan seperti balon yang mudah pecah kapan saja.

  1. Arteriovenous Malformation (AVMs)

jenis penyakit ini adalah suatu kelainan bawaan sejak dari lahir karena pembuluh darah arteri dan vena yang saling terhubung tersebut membentuk suatu massa anyaman dan tidak menginvasi pada parenkim otak. Walaupun penyakit ini jarang terjadi namun bila terkena akan menimbulkan neurologi yang sangat serius dan berisiko terkena cacat hingga kematian karena pembuluh darah AVM pecah.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Bedah Neuroendoscopy, Bisa Untuk Penanganan Apa Saja?. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak . Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811