Categories
Berita Terbaru Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Berhenti Mencari Informasi Menguruskan Badan, Mengapa? Ini Alasannya

Berhenti Mencari Informasi Menguruskan Badan, Mengapa? Ini Alasannya – Jika Anda termasuk kelompok orang yang sering mencari cara menguruskan badan karena diledek gendut, maka Anda sebaiknya berhenti melakukannya.

Body Shaming menjadi isu yang cukup ramai dibicarakan di media sosial. Apakah Anda familiar dengan istilah tersebut?

Apa itu Body Shaming? 

Body shaming ialah istilah yang digunakan ketika seseorang mempermalukan orang lain karena bentuk tubuhnya. Body shaming sangat banyak terjadi di dunia maya, hal tersebut bisa masuk dalam kategori cyber bullying. Meski tak sedikit pula netizen yang cukup vokal menentang perilaku tersebut.

Salah satu kelompok yang rentan menjadi korban body shaming adalah yang memiliki bentuk tubuh relatif besar. Biasanya mereka yang menjadi korban ini akan langsung sibuk mencari cara menguruskan badan dari berbagai sumber.

Alasan Mengapa Harus Berhenti Mencari Informasi Menguruskan Badan? 

Jika Anda termasuk kelompok orang yang sering mencari cara menguruskan badan karena diledek gendut, maka Anda sebaiknya berhenti. Diet bukan sesuatu yang salah dilakukan, tapi akan jadi salah jika dilakukan hanya karena Anda tak bisa mencintai diri sendiri.

Mengabaikan ledekan dari orang lain memang bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Tetapi jika Anda belajar mencintai diri sendiri hal tersebut tak mustahil dilakukan.

Berhenti mengeluh soal bentuk tubuh, warna kulit, jenis rambut, dan lain-lain. Cintailah dirimu sendiri apa adanya.

Anda juga harus berhenti membandingkan kondisi diri dengan orang lain dalam segala hal. Jangan membuat diri sendiri frustasi karena merasa orang lain sudah mencapai apa yang tak kunjung bisa Anda capai. Ingatkan selalu diri sendiri bahwa setiap orang punya jalannya masing-masing.

Ketika mencari cara menguruskan badan biasanya internet menjadi sumber rujukan utama. Sebenarnya hal itu kurang baik. Kamu harus berhenti mencari cara menguruskan badan di internet karena:

1.  Informasinya Belum Tentu Punya Dasar Ilmiah

Jika Anda mencari cara menguruskan badan di internet sumber informasinya tidak jelas. Bisa jadi tips-tips diet itu belum tentu punya dasar ilmiah ilmu kesehatan. Alih-alih membuat sehat, diet yang dilakukan sembarangan berpotensi membahayakan diri Anda.

2. Jenis Diet Belum Tentu Sesuai untuk Tubuh Anda

Tanpa pemeriksaan medis yang memadai Anda tak akan tahu jenis diet seperti apa yang cocok untuk Anda. Jika ternyata tak cocok, hal itu bisa memicu penyakit. Anda tak mau jadi kurus tapi dalam kondisi yang tak sehat, bukan?

3. Anda Tak Betul-Betul Tahu Kondisi Tubuh Anda

Ingin kurus memang tak ada salahnya jika didasari kesadaran akan perlunya gaya hidup sehat. Namun untuk memulai diet yang baik Anda harus menemui ahli gizi. Ahli gizi akan mempelajari kondisi tubuh Anda dan menentukan jenis diet seperti apa yang sesuai. Bayangkan jika sebenarnya gula darah Anda rendah tapi Anda malah mengurangi konsumsi gula.

4. Berpotensi Mengalami Stress

Jika Anda mencari cara menguruskan badan hanya karena lelah diledek gendut, ada potensi stress yang mengintai Anda. Anda jadi terobesesi lekas kurus. Jika hasi itu tak kunjung tercapai Anda akan menyalahkan diri sendiri dan jadi stress.

Stress karena obsesi diet ini bukan kondisi yang bisa dianggap sepele. Jika dibiarkan bisa berkembang jadi masalah mental yang lebih serius.

5. Berpotensi Mengalami Gangguan Makan Serius

Berhentilah memaksa diri Anda untuk jadi kurus hanya karena tuntutan sosial. Apalagi jika cara menguruskan badan yang Anda praktekkan adalah cara yang asal-asalan. Jika tak hati-hati bukan tak mungkin Kamu terkena gangguan makan serius.

Contoh gangguan makan serius ialah anoreksia. Jika sudah begitu, Kamu harus ikut sesi terapi dan medis khusus untuk menyembuhkannya.

6. Berpotensi Mengalami Kekurangan Gizi

Hati-hati dengan usaha mengurangi berat badan yang dilakukan sembarangan. Jika Anda membatasi asupan makanan secara asal-asalan bisa jadi tubuh akan kekurangan gizi. Jika sudah begitu maka berbagai penyakit dan risiko kesehatan lainnya mudah menyerang.

7. Berpotensi Terkena Penyakit Maag

Penyakit maag merupakan penyakit yang menyebalkan. Diet yang dilakukan dengan tidak benar membuat Kamu berpotensi terkena penyakit maag kronis. Cek juga cara menghentikan diare.

8. Kekurangan Tenaga

Tubuh tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk menghasilkan tenaga. Cara menguruskan badan yang dilakukan sembarangan bisa membuat tubuh kekurangan tenaga sehingga mengganggu aktifitas.

9. Sebaiknya Anda Fokus Menjaga Kesehatan

Daripada sibuk memikirkan cara untuk kurus, lebih baik fokus saja menjaga kesehatan. Ingatlah tak semua yang tubuhnya ideal menurut standar orang kebanyakan memiliki tubuh yang sehat. Selain fokus mengatur pola makan, anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat lainnya seperti olahraga dan hidup cukup.

10. Lebih Baik Fokus Membahagiakan Diri Sendiri

Kamu harus paham bahwa kurus tidak identik dengan bahagia. Terima apapun keadaan dirimu dan fokus lakukan hal yang membuat diri sendiri selalu merasa bahagia.

Itulah beberapa alasan mengapa anda perlu berhenti mencari cara menguruskan badan. Terlalu gemuk memang tidak baik untuk kesehatan, tetapi kalau anda terobsesi untuk menjadi kurus dan melakukan hal-hal yang mengancam kesehatan tentu akan sangat berbahaya.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Berhenti Mencari Informasi Menguruskan Badan, Mengapa? Ini Alasannya“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.