Share this post

Biaya Operasi Penggantian dan Perbaikan Katup Jantung – Tahukah sahabat satuters Operasi Penggantian dan Perbaikan Katup Jantung adalah operasi untuk mengganti katup jantung yang rusak. Empat katup jantung, yang terbuka dan tertutup rapat, memungkinkan darah mengalir dari satu ruang jantung di lain. Katup memungkinkan aliran darah melalui jantung dalam pembuluh darah besar.

Katup beroperasi sehingga, darah yang dapat mengalir hanya dalam satu arah, saat jantung berkontraksi. Biasanya, penggantian hanya membutuhkan satu katup. Tapi kadang-kadang perlu diganti beberapa katup. Katup jantung baru bisa:

Terbuat dari kain, kebanyakan babi (katup babi) atau sapi (Sapi katup), tetapi mereka juga dapat diambil dari donor manusia, atau bahkan terbuat dari jaringan pasien sendiri.

Terdapat empat katup dalam jantung yang berfungsi seperti pintu untuk mengontrol aliran darah di antara bagian jantung yang berbeda. Masalah katup dapat terjadi akibat kelainan kongenital (bawaan lahir), atau dikarenakan infeksi dan degenerasi. Katup yang terpengaruh dapat diperbaiki atau diganti melalui Operasi Katup Jantung.

Perbaikan katup meliputi perbaikan katup yang rusak semaksimal mungkin tanpa penggunaan bahan artifisial. Jika semua upaya ternyata gagal untuk memperbaiki katup yang mengalami malfungsi, dokter bedah Anda akan mengganti katup selama prosedur yang sama.

Katup dapat diganti dengan menggunakan katup buatan (terbuat dari plastik atau logam), atau katup bioprostetik (terbuat dari bahan biologis dari jaringan hewan), atau katup alograf (katup dengan jaringan manusia).

Selama operasi katup jantung, dilakukan insisi ke bawah hingga bagian tengah dada dan tulang dada dipisahkan. Dokter bedah akan menilai, apakah prosedur ini, atau operasi lubang kunci yang kurang invasif (yang memungkinkan perbaikan katup dan penggantian dilakukan melalui insisi kecil), yang paling sesuai bagi Anda.

Operasi Penggantian dan Perbaikan Katup Jantung digunakan untuk menerapi pasien yang menderita Penyakit Katup Jantung. Dokter akan mengevaluasi kondisi katup jantung Anda, dan keputusan mengenai perlunya operasi katup jantung akan didasarkan pada gejala dan hasil tes. Perbaikan katup aorta (katup antara aorta dan rongga kiri) sangat krusial jika katup menyempit atau bocor. Fungsi abnormal katup aorta dapat menyebabkan gagal jantung akibat pasokan darah yang tidak mencukupi ke otot jantung.

Jika katup yang rusak berhasil diperbaiki melalui operasi katup jantung, Anda akan mendapatkan manfaat dari penurunan risiko infeksi, mengurangi keperluan pengencer darah, mengurangi risiko terkena stroke, menjaga kekuatan otot jantung, dan yang paling penting, meningkatkan peluang bertahan hidup dalam jangka panjang. Jika katup rusak tidak diperbaiki, kemungkinan dapat menyebabkan penyakit jantung atau bahkan kematian.

Berapakah Biaya Operasinya?

Menurut Prof David dokter Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta biaya memperbaiki katup jantung cukup dengan sekitar Rp15 juta dan penggantian alat katup biayanya sekitar Rp30 juta.

Sedangkan menurut sumber yang saya dapat di biaya operasi jantung bocor bahwa biaya operasi jantung bocor itu di perkirakan sekitaran Rp. 150.000.000. Masih lebih murah dibandingkan di luar negeri contoh di singapura misalnya biaya itu menncapai Rp. 245Juta, jika operasi yang di keluarkan hanya bypass biasanya Rp.189.000.000 biaya itu pun untuk operasi di rumah sakit pemerintah Singapura.

Jangan sampai anak kita seperti pasien Kiren karena jantung. Biaya pasien Khiren untuk operasi jantung adalah sebesar Rp.124 juta.

Agar tidak mengalami hal tersebut, saya menyarankan, beri perlindungan anak atau kita sendiri dari biaya sakit kritis yang besar dan tidak terduga.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Biaya Operasi Penggantian dan Perbaikan Katup Jantung“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta 

Related Post

NOVEMBER 11, 2019

Sering Sakit Punggung? Segera...

Sering Sakit Punggung? Segera Lakukan Cara Sederhana Ini – Apakah Anda pernah...

0

NOVEMBER 10, 2019

Cara Menentukan Skala...

Cara Menentukan Skala Prioritas Perencanaan Keuangan Dengan Baik – Pernahkah Anda...

0

NOVEMBER 9, 2019

Umur Semakin Bertambah Namun...

Umur Semakin Bertambah Namun Uang Masih Pas-pasan – Mengatur keuangan adalah hal...

0

NOVEMBER 8, 2019

Mengenal Problematika...

Mengenal Problematika Kemapanan, Kamu Wajib Tahu! – Umumnya orang berpikir bahwa...

0

NOVEMBER 7, 2019

Polis Asuransi Ada Tapi Lupa...

Polis Asuransi Ada Tapi Lupa Manfaatnya, Ini Yang Harus Di Lakukan – Bagi sebagian...

0

NOVEMBER 6, 2019

Dana Darurat Telah Habis? Apa...

Dana Darurat Telah Habis? Apa Yang Harus Di Lakukan? – Akhirnya Anda menggunakan...

0
Call Now Button