Categories
Berita Terbaru

Boros, 10 Sifat Yang Tanpa Sadar Membuat Hidup Seseorang Melarat

Boros, 10 Sifat Yang Tanpa Sadar Membuat Hidup Seseorang Melarat – Gaya hidup yang berlebih cenderung membuat kita menjadi boros dan jauh dari kata sesuai aturan pengeluaran keuangan. Akibatnya kamu tidak mempunyai simpanan, bahkan belum gajian sudah pinjam sana sini!

Merasa ngalamin hal yang sama? Tandanya ada yang gak beres sama cara kamu mengelola keuangan. Berikut ini 12 sifat boros yang sebaiknya kamu hindari agar keuangan kamu tetap stabil. Simak baik-baik ya!

1. Sering Terpengaruh Orang lain

Sering pergi makan bersama teman ke restoran mewah? Sering terpengaruh ajakan rekan anda untuk makan diluar. Tetapi anda malah sering bokek di akhir bulan? Coba pikirkan apakah hal tersebut benar atau malah menyusahkanmu? Jika membuat susah sebaiknya anda menahan diri dan memilih makan dengan bekal yang anda bawa.

2. Lupa membandingkan harga belanjaan

Membandingkan harga itu penting lho agar kamu bisa berhemat! Contohnya kamu bisa membandingkan harga beras dan susu yang lebih murah, ini akan banyak menghemat pengeluaranmu.

Selain harga kebutuhan sehari-hari kamu juga harus membandingkan harga barang

3. Kurang teliti membayar bill

Biaya kebutuhan hidup sehari-hari merupakan salah satu biaya bulanan yang terbesar. Cari deh alternatif yang bisa dilakukan demi menghemat sedikit uang. Sebagai contoh, terkadang beberapa barang akan dijual lebih murah jika kita membeli dalam jumlah besar, misalnya tissue. Hindari membeli dalam kemasan kecil secara berulang.

4. Gak membeli barang dalam jumlah besar (stok)

Membeli barang dalam jumlah besar dapat menguntungkan, terutama barang yang gak mudah rusak. Jika kita melihat produk dengan potongan harga dalam jangka waktu tertentu, belilah dalam jumlah lebih banyak dari yang kita butuhkan, sehingga kita sudah memiliki stok barang untuk beberapa bulan ke depan.

Hal ini sering dilakukan oleh seseorang dengan gaya hidup hemat dan memang terbukti menguntungkan karena secara gak langsung telah berhemat untuk jangka panjang.

5. Menyia-nyiakan makanan

Tetapkan daftar belanja kamu selama sebulan, misalnya kamu perlu nugget berapa banyak atau makanan lainnya berapa sehingga tidak ada makanan yang terbuang karena masa expirednya telah sampai.

Aduh, sayang kan kalau makanan terbuang percuma

6. Membeli sesuatu yang tidak benar – benar dibutuhkan

Misalnya kamu memasang internet berlanggan dirumah, jika kamu selalu dirumah kamu dapat memanfaatkan hal ini. Tteapi jika kamu tipe pekerja luar rumah hal ini merupakan pemborosan karena kamu tidak benar-beanr memakainya.

7. Membeli barang yang tidak terjamin

Pilihlah barang yang terjamin kualitasnya, jangan karena hanya memikirkan harga murah kamu ajdi tekor dikemudian hari untuk membayar biaya service sehingga bukan hemat malah tekor. Hindari kebiasaan ini ya!

8. Mengubah sesuatu yang spesial menjadi kebiasaan sehari-hari

Kebiasaan membeli perhiasan pada saat berulang tahun atau menikmati spa saat memperoleh bonus mungkin rasanya biasa. Namun jika kita membiasakannya, maka makna spesialnya akan hilang dan menguras kantong. Misalnya, menikmati spa dengan frekuensi yang sering. Jadikan momen spesial tetap berkesan dan amankanlah dompet.

9. Membeli barang pelengkap

Ada lagi nih kebiasaan yang sangat buruk ketika belanja kamu membeli barang yang seharusnya tidak kamu beli misalnya sepatu baru, perhiasan baru atau aksesoris pelengkap fashion lainnya.

Kebiasaan ini sangat berbahaya karena dapat menjadi alasan untuk hidup boros. Jika kita merasa terbiasa melakukannya, hentikan segera agar dapat mulai berhemat.

10. Gak menentukan prioritas

Kita bekerja harus mempunyai tujuan misalnya target membayar cicilan rumah, kendaraan, dan kebutuhan pendidikan anak. Kamu harus bisa memisahkan antara kebutuhan dan keinginan sehingga impian anda untuk keadaan finasial yang stabil akan tercapai. jangan sampai salah langkah!

Setelah sahabat satuters mengetahui tentangBoros, 10 Sifat Yang Tanpa Sadar Membuat Hidup Seseorang Melarat. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak. Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811