Categories
Makanan dan Gaya Hidup Tips Satuterpenting

Bulan Ramadan, Tips Mengatur Anggaran Belanja Agar Tidak Boros

Bulan Ramadan, Tips Mengatur Anggaran Belanja Agar Tidak Boros – Bulan Ramadan kembali datang. Kendati berpuasa, seringkali keuangan mu tidak ikut berpuasa. Kamu memang tidak makan siang, namun saat berbuka puasa kamu belanja makanan untuk itu kamu harus bijak dalam merancang pengeluaran.

Bila dihitung, pengeluaran di bulan puasa justru bisa lebih besar. Berikut beberapa kiat untuk berhemat selama Ramadan.

  1. Buat Daftar Menu Selama Satu Bulan

Perencanaan yang baik adalah kuncinya. Kalau kamu memasak sendiri untuk buka dan sahur, rencanakan pengeluaran itu sejak awal bulan. Catat kebutuhanmu di awal bulan dan buat perkiraan pengeluarannya.

Jangan terlalu berlebih – lebihan dalam berbelanja untuk kebutuhan karena makna dari bulan ramadan bukan untuk berfoya-foya tetapi lebih kemana makna untuk mendekatkan diri pada sang pencipta.

  1. Belanja Kebutuhan Langsung untuk Sebulan

Lakukan pembelian kebutuhan primer secara sekaligus di awal bulan dalam jumlah besar. Demikian, biasanya kamu akan mendapat harga yang lebih murah. Apalagi, harga kebutuhan pokok selama Ramadan cenderung terus naik. Ini bisa membantu menghemat.

Usahakan setelah gaji masuk kamu dapat berbelanja kebutuhan selama ramadan hingga lebaran tiba, sehingga pengeluaran kamu dapat terkontrol.

  1. Batasi Buka Puasa di Luar

Berbuka puasa di restoran bersama teman, rekan kerja atau keluarga memang mengasyikkan. Kamu hanya perlu pergi ke restoran dan memesan makanan. Namun, harga makanan di restoran biasanya lebih mahal. Jadi, masaklah di rumah.

Tetapkan budget yang anda keluarkan tiap kali diundang untuk acara buka bersama, jika anda merasa tidak begitu penting cobalah untuk menolaknya secara halus.

  1. Bawa Bekal dari Rumah

Bila masih harus lembur dan pulang malam, bawalah bekal dari rumah. Hal ini akan mengurangi frekuensi makan di luar. Demikian, keuangan mu akan lebih aman. Pada saat kamu tidak bisa pulang untuk berbuka di rumah kamu harus persiapkan sebelum pergi ke kantor.

  1. Beli Makanan Jadi

Meski tidak makan di restoran, beli makanan jadi (matang) juga lebih mahal. Karena itu, coba kombinasikan dengan memasak di rumah. Bandingkan harga beli makanan matang dengan memasak. Kamu akan terkejut melihat selisih harganya.

Wajar saja lebih mahal karena makanan jadi adalah hasil olahan yang penjualnya mengambil keuntungan dari hasil dagangannya.

  1. Buat Kue Lebaran Sendiri

Di akhir Ramadan, tawaran membeli kue lebaran juga menggoda. Karena harga barang-barang pokok naik, harga kue juga naik.  Penjual biasa melipatgandakan harga jualnya. Untuk itu, tak ada salahnya kamu mempraktekkan resep bikin kue sendiri.

Selain bahan yang terjamin kue buatan sendiri juga memiliki rasa yang lebih enak jika kamu membuatnya dengan senang hati juga  menjadi kegiatan kamu di waktu luang.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang Bulan Ramadan, Tips Mengatur Anggaran Belanja Agar Tidak Boros, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 08121218811