Categories
Berita Terbaru

Bunga Kembang Sepatu, Tanaman Hias Menjadi Obat Tradisional

Bunga Kembang Sepatu, Tanaman Hias Menjadi Obat Tradisional – Bunga yang memiliki nama latin Hibiscus rosasinesis atau biasa orang menyebutnya dengan sebutan kembang sepatu. Bunga kembang sepatu kerap kali ditemui didepan rumah untuk mempercantik halaman. Tidak hanya memperindah taman, namun tahukah sahabat satuters bahwa kembang sepatu dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah akar, bunga dan daunnya.Bagian bunganya mengandung hibisetin, sedangkan akar dan daunnya mengandung Calcium-oksalat, peroxidase, lemak dan protein.

Untuk penggunaanya sahabat satuters dapat langsung membuat ramuan ini dari bunga segar yang dijadikan sebagai teh. Lalu manfaat apa sajakah yang akan didapat dari kembang sepatu ini? Berikut penjelasannya :

Menyembuhkan bronkhitis

Penyakit bronkhitis adalah sebuah peradangan pada bronchus, inilah yang menyebabkan kinerja saluran pernapasan menjadi terganggu. Nah, kamu dapat memanfaat tanaman ini untuk mengatasi penyakit tersebut. Caranya dengan merebus bunganya secukupnya saja selama 15 menit, setelah itu  airnya disaring lalu diminum deh. Dan kamu akan merasakan paru-paru menjadi lega apalagi jika dikonsumsi secara rutin.

Merawat wajah

Kembang sepatu tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi ternyata bisa juga di manfaat untuk perawatan wajah lho. Kandungan minyak yang terdapat dibunga kembang sepatu ini mampu membersihkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati, membuat kulit lebih halus serta mengatasi masalah jerawat hingga mencegah penuaan dini. Caranya yaitu remas-remas bunga kembang sepatu kemudian gosokan pada area wajah dan leher secara lembut.

Mengeluarkan racun

Kelopak Bunga kembang sepatu yang di olah menjadi teh mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Hal inilah yang dapat membantu tubuhmu mengeluarkan racun. Selain itu, teh ini juga mampu melawan kanker dan mengurangi kadar kolestrol dalam darah.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Teh kembang sepatu kaya akan asam askorbat, juga dikenal sebagai vitamin C yang berperan sebagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan dan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh Anda. Teh kembang sepatu juga dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang berperan dalam mencegah Anda terkena flu, demam dan penyakit lainnya.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Bunga Kembang Sepatu, Tanaman Hias Menjadi Obat Tradisional”. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110