Categories
Info Asuransi

Cara Klaim Asuransi Jiwa di Allianz

Banyak sekali orang yang masih kurang paham tentang cara klaim asuransi jiwa Allianz dengan benar. Mereka menganggap bahwa klaim hanya sekedar klaim, dan tidak ada aturan apapun.  Hal seperti ini tentu saja tidak benar, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui ketika mengajukan proses klaim, dan mengetahui hal seperti ini, akan membuat proses klaim menjadi lebih mudah dan juga cepat.

Cara mengajukan proses klaim

Untuk mengajukan proses klaim asuransi jiwa, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, seperti :

  1. Setiap nasabah, harus mengetahui dengan baik, aneka manfaat dan aneka pengecualian dari polis yang digunakan. Dengan mengetahui hal seperti ini, para nasabah akan mengetahui hal-hal apa saja yang dapat Anda klaim, dan hal-hal apa saja yang tidak dapat Anda klaim. Apabila Anda kurang mengerti atau kurang paham masalah polis ini, ada baiknya jika menanyakan langsung pada agen asuransi yang Anda ikuti.

  2. Langkah berikutnya adalah membaca aneka persyaratan pengajuan klaim yang ada di website Allianz atau yang ada di surat perjanjian awal. Hal ini baik untuk mempercepat proses pengajuan klaim serta mempercepat proses klaim.

  3. Mengisi formulir klaim asuransi jiwa. Untuk mendapatkan formulir tersebut ada beberapa cara, yaitu dengan mendownloadnya di web Allianz atau Anda dapat meminta formulir tersebut di bagian customer service Allianz. Isi berbagai data yang ada di bagian formulir dengan baik dan benar. Karena hal ini akan memperlancar proses pengajuan, verifikasi dan juga proses pencairan polis. Adapun berbagai macam data yang biasanya diperlukan untuk proses klaim ini seperti no polis, nama pemegang polis, nama tertanggung, no rekening, dll.

  4. Lengkapi berbagai macam dokumen yang diperlukan untuk proses klaim, adalah hal terakhir yang harus Anda lakukan. Untuk mengetahui berbagai macam persyaratan ini, ada baiknya jika Anda mengeceknya di web, menghubungi customer service atau menghubungi pihak agen asuransi Anda.

Apabila semua persyaratan tersebut sudah Anda lengkapi dengan baik dan juga benar, selanjutnya pihak asuransi akan mengecek kelengkapan data, melakukan analisa klaim (apakah termasuk ke dalam polis asuransi atau tidak), dan terakhir adalah melakukan proses klasifikasi data. Apabila semua hal ini sudah benar, kemudian dilanjutkan dengan proses pengajuan klaim, apabila hal ini disetujui, maka akan berlanjut pada proses pembayaran klaim.  Apabila ada yang dirasa kurang tepat, atau tidak benar, maka pembayaran klaim akan ditunda atau dibatalkan.

Baca juga : Klaim di Asuransi Allianz

Hal-hal yang membuat proses klaim lama atau tidak disetujui

Lalu hal-hal apa saja yang seringkali membuat proses klaim tersebut dibatalkan. Berikut ini akan dibahas, beberapa alasan mengapa proses klaim lama atau bahkan tidak disetujui :

  • Klaim tidak disetujui, karena klaim yang dilakukan termasuk pengecualian yang ada di dalam polis. Untuk mengatasi hal seperti ini baca dahulu berbagai macam hal yang menjadi pengecualian polis.

  • Ada kalanya data pengisian formulir atau disebut juga dengan SPAJ tidak benar. Untuk itu isilah formulir tersebut dengan baik dan juga benar, untuk mempermudah pengajuan polis.

  • Bayarlah premi tepat waktu, dengan demikian Allianz akan mengetahui bahwa Anda nasabah yang baik, dan pastinya memberikan pelayanan yang juga prima.

  • Lengkapi berbagai macam data yang dibutuhkan dengan baik dan juga tepat. Apabila ada hal yang tidak Anda mengerti sebaiknya tanyakan pada pihak customer service atau agen Allianz Anda. Jika dokumen lengkap maka proses pengajuan klaim asuransi jiwa akan lebih cepat dan jadi lebih mudah.