Categories
Info Asuransi

Cara Melakukan Klaim Jasa Asuransi Allianz

Apakah Anda memiliki rencana untuk menggunakan jasa asuransi Allianz dan ingin mengetahui bagaimana cara melakukan klaim jasa asuransi Allianz? Jasa asuransi merupakan suatu pelayanan yang memberikan keuntungan untuk masa yang akan datang.

Asuransi ini biasanya setiap bulannya membayarkan biaya asuransi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jasa asuransi bisa digunakan untuk pendidikan, masalah keuangan, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, dan sebagainya. Semuanya itu bisa Anda dapatkan di kemudian hari.

Banyak sekali jasa asuransi yang menawarkan jasanya agar mendapatkan banyak nasabah. Namun satu dari jasa asuransi terbaik adalah asuransi Allianz. Bagi Anda yang ingin mengikuti dan bergabung dengan jasa asuransi Allianz ini, bisa terlebih dahulu mengetahui bagaimana melakukan klaim jasa asuransi tersebut.

Berikut ini ada beberapa cara melakukan klaim jasa asuransi Allianz yang bisa Anda lakukan dengan mudah :

  1. Mengisi formulir klaim

Cara pertama untuk melakukan klaim jasa asuransi Allianz yang bisa Anda lakukan adalah mengisi formulir klaim asuransi tersebut. Formulir klaim merupakan tahap awal jika seseorang ingin bergabung dan menggunakan jasa asuransi. Formulir klaim ini sebagai identitas lengkap dari pengguna jasa asuransi tersebut.

Formulir klaim ini harus diisi oleh salah satu kriteria tersebut diantaranya peserta asuransi, tertanggung, pemegang polis, dan ahli waris. Salah satu dari orang-orang tersebut mampu menyertakan surat keterangan dari dokter sebagai bukti. Sehingga klaim Anda akan diproses oleh pihak asuransi Allianz.

  1. Menyerahkan dokumen penunjang yang diperlukan kepada pihak asuransi

Cara kedua dalam melakukan klaim jasa asuransi Allianz adalah menyerahkan dokumen penunjang yang diperlukan kepada pihak asuransi. Tentunya pihak asuransi membutuhkan dokumen lain selain surat keterangan dari dokter. Adapun berbagai macam dokumen yang perlu dipersiapkan antara lain kuitansi pembayaran, hasil dari rekam medis, hasil dari laboraturium, laporan dari kepolisian jika telah terjadi kecelakaan, dan sebagainya. Semua dokumen ini bisa dipersiapkan dengan baik agar proses klaim asuransi berjalan dengan lancar.

  1. Mencantumkan nomor Polis dan nomor rekening

Cara selanjutnya dalam melakukan klaim jasa dari asuransi Allianz adalah dengan mencantumkan nomor Polis dan nomor rekening pribadi. Pihak asuransi akan memproses nomor Polis Anda dan juga mengirim dana asuransi kepada nomor rekening yang sudah Anda tulis.

Pastikan nomor rekening yang Anda cantumkan benar. Karena jika salah, pihak asuransi tidak akan menanggung kesalahan transfer dana tersebut. Anda juga perlu menyertakan identitas diri lainnya seperti fotokopi KTP atau SIM ataupun Paspor.  Sehingga identitas akan semakin lengkap.

  1. Menunggu proses validasi data

Cara berikutnya yang bisa Anda cermati adalah menunggu proses validasi data yang dilakukan oleh pihak asuransi. Pihak yang menjalankan asuransi melakukan aktivitas data terhadap data yang yang telah diberikan oleh pihak pemegang Polis. Jika pemegang Polis sudah meninggal, bisa digantikan dengan ahli warisnya beserta dokter rumah sakit bila hal tersebut diperlukan.

  1.  Pembayaran klaim bisa segera dilakukan setelah validasi dan verifikasi data selesai dilakukan

Setelah perusahaan asuransi Allianz tersebut selesai dalam melakukan validasi dan verifikasi, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran terhadap klaim yang sudah diajukan. Pihak pemegang Polis bisa membayarkan biaya asuransinya kepada pihak klaim jasa asuransi Allianz. Sehingga proses pembayaran asuransi bisa dimulai.

Baca juga : Cara Klaim Asuransi Jiwa di Allianz

  1. Manfaat asuransi bisa ditransfer kepada pemegang Polis atau ahli waris

Bila Anda mengajukan asuransi terhadap jasa asuransi Allianz, Anda bisa mengikuti langkah terakhir yaitu menerima manfaat asuransi yang akan ditransfer ke rekening pemegang Polis atau ahli warisnya. Sehingga pengguna asuransi Allianz mendapatkan dana asuransi sesuai yang telah diajukan.