Categories
Asuransi Kesehatan Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Cara Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demntia Mulai Dari Sekarang

Cara Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demntia Mulai Dari Sekarang – Saat kita beranjak tua, beberapa penyakit yang sering menjadi momok menakutkan adalah penyakit Alzheimer dan penyakit Demensia. Orang yang menderita Dementia akan mengalami penurunan daya ingat dan cara berpikir, sedangkan Alzheimer merupakan jenis Demensia yang menghancurkan memori serta fungsi mental lainnya.

Dari penjelasan di atas, Anda mungkin akan khawatir saat membayangkan diri Anda atau orang terdekat menderita kedua penyakit tersebut. Apalagi, saat ini kedua penyakit tersebut belum dapat disembuhkan secara total. Pengobatan yang ada hanya bertujuan untuk memperlambat perkembangan penyakit serta membuat penderita hidup semandiri mungkin.

Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk meminimalisir risiko terkena kedua penyakit ini saat beranjak tua.

  1. Lakukan Olahraga Rutin

Olahraga rutin diperlukan untuk menjaga tubuh tetap aktif dan bugar. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Organisasi Riset & Pencegahan Alzheimer, olahraga dan gaya hidup aktif dapat membantu mengurangi risiko penyakit ini hingga 50 persen. Lama waktu olahraga yang disarankan adalah 150 menit per minggu dengan intensitas olahraga medium.

  1. Kembangkan Kehidupan Sosial

Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk sosial. Memiliki teman-teman dekat atau bergabung dalam komunitas yang sehat dapat membantu Anda memiliki hubungan sosial yang baik. Hal ini juga berpengaruh terhadap kesehatan mental Anda yang menjadi lebih baik.

  1. Hindari Merokok

Kegiatan merokok meningkatkan risiko terkena kedua penyakit ini secara signifikan. Bukan itu saja, merokok juga berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit serius lain, seperti diabetes, stroke, dan kanker.

  1. Tidur yang Cukup

Beberapa riset menunjukkan bahwa tidur dan istirahat yang cukup dapat membantu membersihkan racun dari otak. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan untuk mendapat tidur yang cukup dengan kualitas yang baik pula. Pastikan Anda dalam keadaan rileks saat tidur untuk mendapatkan kualitas istirahat terbaik.

  1. Buat Otak Selalu Aktif

Bila Anda selalu membuat otak aktif bekerja, maka risiko terkena kedua penyakit ini dapat turun secara drastis. Beberapa aktivitas otak yang dapat dilakukan antara lain mempelajari bahasa baru, bermain puzzle, bermain mind atau brain games, atau membaca buku yang dapat mengasah otak (misalnya novel detektif).

  1. Terapkan Pola Makan Sehat

Poin terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga pola makan Anda. Makanan dan minuman yang Anda konsumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda. Hindari alkohol dan makan buah serta sayur-sayuran setiap harinya. Selain itu, pastikan kebutuhan air mineral Anda tercukupi, yaitu sekitar delapan gelas per hari.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Cara Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demntia Mulai Dari Sekarang“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110