Categories
Info Asuransi

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Allianz

Salah satu alasan mengapa banyak orang tidak tertarik untuk membeli produk asuransi adalah karena cara klaim yang sulit dan berproses panjang. Ada banyak perusahaan asuransi yang terkesan curang karena masalah semacam ini sering terjadi ketika si pemegang polis hendak melakukan klaim.

Pada kenyataannya, klaim merupakan sebuah hak yang tentunya harus didapatkan oleh setiap pemegang asuransi. Ketika seorang nasabah telah melaksanakan semua kewajibannya, maka tentu saja perusahaan asuransi akan memberikan klaim yang diajukan. Untuk itu, para nasabah asuransi harus memahami dengan baik tentang mekanisme pengajuan klaim sehingga mereka bisa mendapatkan bayaran tersebut tanpa masalah. Dengan memahami ini, Anda akan memiliki pikiran yang lebih terbuka untuk menerima asuransi dan bersedia memiliki polisnya.

Tujuan Klaim  

Tujuan utama dari sebuah klaim adalah agar perusahaan asuransi dapat memberi manfaat yang sesuai dengan polis yang dipegang oleh nasabah asuransi. Anda harus memperhatikan ketentuan tentang pengajuan klaim sehingga klaim yang Anda ajukan dapat diproses dan dibayarkan.

  • Manfaat Sesuai Polis

Pastikan bahwa Anda mempunyai manfaat yang cocok dengan polis asuransi sebelum klaim diajukan. Contohnya: ketika jenis asuransi yang Anda miliki hanyalah Asuransi jiwa saja, maka Anda tidak bisa mengajukan klaim terhadap biaya rawat inap. Artinya, Anda harus memastikan kembali tentang manfaat asuransi yang sudah Anda beli yang telah tercatat di dalam polisnya. Jika manfaat tersebut ada di dalam polis, maka Anda bisa mengajukan klaim dan menerima bayarannya.

  • Pastikan Polis Masih Aktif

Hal ini juga merupakan syarat penting yang membuktikan bahwa Anda berhak mengajukan klaim asuransi. Jadi pastikan bahwa polis Anda selalu aktif atau inforce dengan selalu membayar premi, terutama pada dua tahun pertama kepemilikan polis.

  • Polis Tidak Dalam Masa Tunggu

Hal ini berarti polis Anda telah dalam masa berlaku perlindungan asuransi. Contohnya, proteksi rawat inap yang dikarenakan oleh sakit demam berdarah, diare, tipus, infeksi saluran kencing, dan sebagainya. Masa tunggu untuk perlindungan rawat inap ini adalah 30 hari sejak polis diterima nasabah. Selain itu, syarat pengajuan klaim rawat inap juga harus minimal selama 1×24 jam atau 2×24 jam.

  • Telepon untuk Pelayanan Lebih Cepat

Segera hubungi nomor telepon yang tertera dalam kartu agar proses klaim bisa berlangsung lebih cepat. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi agen asuransi yang pastinya akan membantu Anda dalam mengajukan klaim. Apabila polis pernah mengalami lapse, pastikan bahwa polis tersebut tidak dalam masa tunggu atau dalam pengecualian tertentu ketika klaim diajukan.

  • Klaim yang Diajukan Tidak Termasuk dalam Pengecualian

Contohnya, apabila Anda pernah mengalami gejala sakit batu ginjal tapi hasil pemeriksaan dari dokter negatif atau tidak terlalu parah dan tidak tercover dalam polis asuransi Anda, maka klaim Anda akan ditolak ketika Anda mengajukannya karena penyakit ini.

Setelah beberapa syarat di atas telah terpenuhi, maka Anda akan memiliki peluang besar untuk berhasil mendapatkan klaim tersebut. Selain itu, pastikan pula bahwa semua dokumen dan persyaratan yang Anda butuhkan telah dilengkapi dengan baik.

Baca juga : Cara Daftar Dan Tips Cepat Klaim Asuransi Allianz

Intinya, Anda harus memastikan bahwa Anda layak mengajukan klaim dengan memeriksa kembali polis Anda dan berbagai hal yang tercover dalam asuransi yang Anda miliki. Apabila mengalami kesulitan, Anda bisa meminta bantuan dari agen asuransi Anda. Dengan begitu, ketentuan tersebut telah pasti terpenuhi, Anda bisa segera mengajukan klaim pada perusahaan asuransi dan mereka akan segera memprosesnya.