Categories
Tips Satuterpenting

Cara Menghitung Aset Kamu Saat Ini, Gunakan Rumus Ini

Cara Menghitung Aset Kamu Saat Ini, Gunakan Rumus Ini – Setiap orang tentu ingin masa depannya lebih baik bukan? Maka dari itu setiap orang tentunya harus mereview finansialnya secara berkala agar dapat mengetahui kondisi keuangannya dengan baik terutama asetnya.

Apa itu aset?

Aset merupakan harta kepemilikan yang memiliki nilai ekonomi atau manfaat bagi pemiliknya di masa depan. Misalnya rumah, mobil, investasi, karya seni, hingga barang rumah tangga dan lainnya.

Bagaimana cara menghitung aset?

Pernahkah sahabat satuters membaca buku yang berjudul The Millionaire Next Door? Buku ini di tulis oleh dua ahli ekonomi yang berasal dari Amerika yaitu Thomas J. Stanley dan Willian D. Danko. Mereka berdua menulis tentang rumus  untuk menghitung seberapa cerdasnya kamu dalam mengelola keuangan.

Rumusnya adalah Penghasilan Setahun X Umur : 10

Jadi misalnya umur sahabat satuters sekarang adalah 30 Tahun dan memiliki penghasilan Rp. 7 juta per bulan, yang berarti jika di totalkan berjumlah Rp. 84 juta per tahun. Kemudian jumlah total tersebut di gunakan untuk rumus tadi, dan hasilnya Rp.84 juta x 30:10 = Rp. 252 Juta.

Hasil dari hitungan tadi dapat sahabat satuters gunakan sebagai bahan evaluasi. Setidaknya sahabat satuters dapat melihat berapa besar uang yang pernah sahabat satuters terima selama bekerja di perusahaan selama setahun. Kemudian lihat total kekayaan sekarang dan sahabat satuters dapat menyimpulkan apakan keuangan saat ini sudah benar-benar baik? Atau sebaliknya?.

Ada beberapa orang yang telah menggunakan rumus ini merasa yang awalnya baik-baik saja ternyata dirinya tidak memiliki tabungan atau investasinya hanya sedikit. Yah, dengan kata lain lelah bekerja ternyata hasilnya segini-segini saja.

Namun, sahabat satuters tidak perlu khawatir, sebab masih ada waktu untuk berubah jika ada niat. So jadikan tahun ini sebagai momentum untuk memperbaiki diri. Buat sebuah patokan, di usia 30an nantinya sahabat satuters sudah bisa mencapai finansial freedoom.

Cara sederhana yang bisa sahabat satuters lakukan untuk mencapai finansial freedoom yaitu

  1. Segera lunasi utang

Salah satu kendala seseorang tidak bisa mencapai kebebasan finansial adalah utang atau pinjaman dengan suku bunga yang cukup tinggi. Maka dari itu sebaiknya sahabat satuters segera melunasi tagihan tersebut agar tidak semakin menumpuk dan menggagalkan rencana finansial sahabat satuters. Termasuk cicilan mobil. Rumah dan sebagainya.

  1. Buat sebuah target dalam menabung

Jika sahabat satuters menabung, jangan pernah menunggu sisa penghasilan. Tetapi buatlah target berapa dana yang ingin di alokasika untuk tabungan setiap bulannya. Jadi ketika nantinya penghasilan telah meningkat maka tambahkan juga tabungannya.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Cara Menghitung Aset Kamu Saat Ini, Gunakan Rumus Ini”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110