Categories
Bisnis Asuransi Info Agen Asuransi

Cara Menjadi Agen Allianz Serta Persyaratan Yang Harus Dipenuhi

Cara menjadi agen Allianz harus anda ketahui sebagai kiat mudah agar lulus dan diterima oleh perusahaan asuransi Allianz. Perusahaan asuransi Allianz ialah perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi umum (general insurance/ asuransi kerugian) dan asuransi jiwa (life insurance). Selain manawarkan produk asuransi yang bersifat konvensional atau non-syariah, asuransi Allianz juga menawarkan produk-produk untuk asuransi syariah. Ini merupakan hal penting yang harus anda ketahui sebelum mencoba melamar menjadi agen Allianz.

Kelebihan Menjadi Agen Asuransi Jiwa Allianz

Beberapa kelebihan yang akan di dapatkan melalui profesi agen asuransi jiwa Allianz ialah sebagai berikut:

  • Kemudahan untuk memulainya, karena jika dibandingkan dengan profesi lain asuransi jiwa Allianz hanya memungut biaya ujian lisensi saja, sangat berbanding dengan pendaftaran untuk profesi lainnya bukan.

  • Potensi untuk memiliki gaji yang tinggi, karena dengan lancarnya proses pemasaran maka akan bertambahlah fee seorang salesman atau agen asuransi setiap bulannya. Ketentuannya ialah aktivitas pemasaran harus dilakukan secara rutin (menambah jumlah nasabah) serta setara dengan lamanya jam kerja di kantor.

  • Memiliki kesempatan untuk berkeliling dunia, inilah yang menjadikan banyak orang sangat tertarik untuk menjadi agen asuransi, karena setiap tahunnya perusahaan asuransi akan mengadakan paket liburan ke luar negeri dengan tujuan yang bervariasi.

Menjadi Agen Allianz Dengan Memenuhi Beberapa Kualifikasi

Siapapun memiliki kesempatan untuk menjadi agen asuransi Allianz, asalkan memiliki keinginan untuk selalu belajar dan keberanian untuk mencari serta menghubungi calon nasabah. Namun selain itu, untuk menjadi seorang agen Allianz ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi oleh setiap agen sebagai bentuk modal awal dan cara menjadi agen Allianz. Berikut beberapa kualifikasinya:

  • Telah memiliki kendaraan pribadi, ini merupakan syarat dan kualifikasi pertama yang harus dipenuhi oleh seorang agen atau mitra bisnis.

  • Selanjutnya wajib memiliki ipad untuk membuat proposal berupa ilustrasi produk yang akan ditawarkan kepada calon nasabah nantinya.

  • Memiliki pemahaman mengenai internet untuk kelancaran pekerjaan, seperti media untuk melakukan pendekatan dengan calon nasabah

  • Bisa serta mampu untuk belajar mandiri mengenai asuransi, baik melalui konsultasi via WA, E-mail, telepon, sosial media dan lain-lain.

Menjadi Agen Allianz Dengan Memenuhi Persyaratan Administratif

Cara menjadi agen Allianz berikutnya ialah dengan memenuhi persyaratan administratif, seorang calon sales man atau agen asuransi harus memenuhi beberapa hal berikut, yaitu:

Mengisi formulir dengan:

  • Melampirkan fotocopy kartu tanda penduduk (KTP) sebanyak 2 lembar.

  • Melampirkan pas foto warna (ukuran 3×4) sebanyak 2 lembar.

  • Melampirkan fotocopy buka tabungan sebanyak 1 lembar (bank manapun)

  • Melampirkan fotocopy NPWP sebanyak 1 lembar

  • Memberikan bukti transfer pembayaran biaya ujian lisensi sebesar Rp 225.000 untuk ujian lisensi konvensional tambahan Rp 128.000 untuk ujian lisensi syariah dan ujian AAJI menggunakan aplikasi mobile exam.

Wajib mengikuti ujian lisensi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

Apabila anda lulus maka selamat karena anda telah resmi menjadi sales man atau agen asuransi jiwa Allianz dan telah berhak untuk memulai pemasaran produk asuransi. Namun sebaliknya, apabila tidak lulus maka anda bisa membayar sebesar Rp 150.000 untuk mengikuti ujian ulang.

Sebelum melakukan ujian lisensi, anda terlebih dahulu bisa belajar mengenai materi ujian lisensi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) serta materi umum lainnya. Anda bisa memanfaatkan waktu luang dari jarak waktu pendaftaran ke ujian, yaitu selama 2 sampai 3 minggu sebelum melaksanakan ujiannya.

Baca juga : Cara Menjadi Agen Allianz Serta Pensyaratan Yang Harus Diketahuinya

Selain memenuhi kualifikasi dan persyaratan administratif, seorang agen asuransi yang telah dinyatakan lulus juga wajib menguasai tentang sales cycle (siklus penjualan), hal ini sangat berguna dalam membantu proses penjualan polis terhadap calon nasabah, inilah beberapa cara menjadi agen Allianz.