Categories
Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup Uncategorized

Cara Menjadi Vegetarian Yang Benar Untuk Pemula

Cara Menjadi Vegetarian Yang Benar Untuk Pemula – Berbagai macam cara orang lakukan untuk menjadi Vegetarian. Contoh salah satu yaitu langsung berhenti makan telur, daging, susu serta produk olahannya dan langsung beralih total ke makanan nabati. Ada juga orang yang menggunakan cara bertahap.

Penjelasan diatas tidak begitu baik untuk kondisi fisik atau kesehatan, bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Mengubah kebiasaan orang secara drastis untuk jangka waktu yang panjang sangatlah sulit.

Menjadi vegetarian secara bertahap itu yang paling baik dan yang paling ampuh. Berikut langkah yang disarankan untuk menjadi vegetarian pemula.

1. Kurangi konsumsi daging secara bertahap. Contoh, minggu pertama 1 hari tidak makan daging, minggu kedua 2 hari tidak makan daging, minggu ketiga menjadi 3 hari tidak makan daging , dan seterusnya sampai 7 hari penuh tidak makan daging.

2. Mulai kurangi makanan daging unggas (ayam, bebek, burung) dan ikan. 
Nah, pada tahap ini harus diimbangi dengan memperbanyak makan kacang-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran, dan buah-buahan, supaya kebutuhan gizi tubuh tercukupi. Caranya sama seperti  kita mengurangi daging secara bertahap.

3. Selipkan bahan makanan yang mengandung protein pada hidangan makanan, misalnya dengan makan kacang-kacangan, untuk mencegah defisiensi (Kekurangan) gizi. 

4. Minum air sebanyak 6 sampai 8 gelas /hari agar tubuh tidak kekurangan cairan. Selain itu untuk menjaga suhu tubuh, air berfungsi juga mengantarkan nutrisi ke seluruh bagian tubuh dan melancarkan pencernaan.

Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan yang serius, Ada baiknya, program ini dijalankan dengan pantauan dokter atau ahli gizi. Bila tidak memungkinkan menjadi seorang vegetarian murni (Vegan), masih ada pilihan yaitu menjadi vegetarian Lacto-ovo (Vegetarian Lacto).

Baca Juga : Pentingkah Wanita Memiliki Asuransi Kesehatan? Ini Jawabannya

Itulah cara menjadi vegatarian pemula yang benar. Ada beragam manfaat yang didapatkan dengan mengikuti pola hidup seperti ini, salah satunya memiliki tubuh lebih sehat karena selalu mendapatkan asupan vitamin, mineral yang terkadung pada sayuran.

Untuk melengkapi gaya hidup vegetarian Anda, lengkapilah juga diri Anda dengan asuransi kesehatan. Untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang asuransi kesehatan dan jiwa, hubungi kami disini.