Categories
Berita Terbaru Makanan dan Gaya Hidup Uncategorized

Cara Mudah Mengelola Keuangan Pribadi

Mengelola Keuangan Pribadi – Mengelola keuangan merupakan masalah utama dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa orang ada yang merasa bingung untuk mengatur keuangan mereka sendiri. Karena mengelola gaji merupakan tantangan tersendiri bagi mereka. Apalagi ketika awal bulan tiba, pemasukan datang di samping itu pula pengeluaran pun tiba. Justru tanpa disadari seiring berjalannya waktu, ketika belum habis sebulan penuh uang yang dipegang pun ludes begitu saja.

Mengelola keuangan pribadi sebenarnya gampang-gampang susah. Karena kita harus mendisiplinkan diri sendiri untuk mengelolanya. Nah..Saya akan berikan beberapa tips sederhana untuk sahabat satuters yang masih kebingungan dalam mengelola keuangannya sendiri.

1. Pelajari Porfolio Keuangan

Sangatlah penting untuk mengetahui apa saja pengeluaran rutin yang sahabat satuters butuhkan dari awal bulan hingga akhir bulan. Misalnya memperkirakan kebutuhan sehari-hari, seperti kebutuhan makan, belanja bulanan, membayar tagihan listrik dan lain-lain.

2. Disiplin Menabung

Setelah sahabat sartuters mengetahui pengeluaran rutin untuk bulan ini, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk di tabung dan jangan pernah berpikir, punya banyak uang dulu baru mau menabung. Pola berfikir seperti ini jelas salah dan tidak akan pernah berhasil.

3. Hindari Hutang

Jika sahabat satuters ingin sehat, maka hindarilah sebisa mungkin hutang. Kenapa? Karena dengan adanya hutang membuat diri merasa tergantung pada pola boros. Apalagi jika uang hutang digunakan untuk konsumsi dan shopping. Jadi  tetaplah  menjalani hidup sehari-hari sesuai dengan kemampuan diri sendiri dan sederhana.

Baca Juga : Tips Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga

9 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Yang Baru Menikah

Tips Memulai Investasi Yang Aman dan Terukur

4. Membangun Bisnis atau Penghasilan Tambahan

Membangun bisnis tidaklah sulit seperti apa yang kita bayangkan selama ini. Cari tau dulu ide-ide apa saja yang dapat menghasilkan banyak uang sesuai dengan hobi sahabat satuters. Dengan begitu kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam mengatur kebutuhan sehari-hari.

5. Berinvestasi

Mulalilah untuk berinvestasi sedini mungkin. Ada banyak cara untuk berinvestasi misalnya dalam bentuk emas, tanah, rumah ataupun benda berharga lainnya yang memiki nilai tambah setiap tahunnya.

Dan jangan lupa untuk rajin bersedekah, karena dengan bersedekah sahabat satuters akan merasa lebih tenang dalam menjalani hidup, tidak akan merasa kurang dan selalu bersyukur atas apa yang didapat. Perlu diingat juga karena sebagian uang yang kita dapatkan ada hak orang lain juga di dalamnya.