Share this post

Dampak Negatif Akibat Tubuh Sering Begadang Malam – Di era yang semakin maju saat ini, sebagian besar orang memiliki kebiasaan untuk tidur larut malam, bahkan bagi sebagian orang lainnya, hal ini merupakan kewajiban karena mereka memiliki pekerjaan ataupun tugas-tugas lain yang tidak ada habisnya.

Sebagian besar orang masih harus melakukan beberapa aktivitas di malam hari sehingga waktu untuk tidur mereka sedikit karena keesokan harinya mereka memiliki berbagai aktivitas yang harus dilakukan kembali.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang menurut para ahli fungsinya justru lebih penting dari makanan. Sebab seseorang akan dapat lebih lama bertahan hidup tanpa makanan dibandingkan tanpa tidur.

Dengan tanpa makanan sama sekali, seseorang masih mampu bertahan hidup sekitar 40 hari, tanpa minuman seseorang mampu bertahan hidup sekitar 3 hari, tanpa udara kemampuan bertahan hidup seseorang hanya dalam hitungan menit, sedang tanpa tidur seseorang hanya mampu bertahan hidup selama 11 hari. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan vital manusia jika diurutkan adalah: udara, air, tidur, serta makanan.

Berikuti ini dampak negative akibat sering begadang malam.

  1. Mudah sakit

Kurang tidur bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan penyakit. Saat tidur, sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan protein bernama cytokines yang berguna saat kamu mengalami infeksi atau peradangan

  1. Daya konsentrasi berkurang

Siklus tidur dapat menguatkan memori dalam pikiran yang membantu seseorang dalam berkonsentrasi. Sehingga mereka yang sering tidur larut malam akan terganggu konsentrasinya, penalarannya, kewaspadaannya, juga kemampuannya dalam memecahkan masalah.

  1. Menyebabkan Depresi

Perasaan sedih, marah, stress, dan mental lelah akan dialami  oleh mereka yang selama 7 hari berturut-turut tidurnya kurang dari 5 jam. Itu sebabnya menurut hasil penelitian, mereka yang mengidap insomnia, memiliki kemungkinan 5 kali lebih besar untuk terserang depresi.

  1. Cepat Tua

Tidur adalah waktu tubuh membuang toxin atau racun yang seharian kita peroleh dan memulihkan stamina dan fungsi kulit kita. Tidur larut malam akan membuat kinerja tubuh tidak maksimal dalam membuang racun yang menyebabkan kita cepat tua.

  1. Mudah lupa

Sebuah study yang dilakukan di Perancis dan Amerika menemukan bahwa “sharp wave ripples” atau peristiwa otak bertanggung jawab dalam menguatkan memori otak, dan mentransfer data yang ada dari hipokampus menuju ke neokorteks yang ada di otak, dimana semua kenangan jangka panjang tersimpan. Sharp wave ripples tersebut pada umumnya terjadi disaat tidur. Itu sebabnya, mereka yang seringkali tidur larut malam pada masa tertentu akan menjadi pelupa.

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110