Categories
Berita Terbaru Tips Asuransi

Dana Darurat Melebihi Jumlah Ideal, Apakah Boleh Dilakukan?

Dana Darurat Melebihi Jumlah Ideal, Apakah Boleh Dilakukan? – Bagi setiap orang, memiliki dana darurat sangatlah penting, apalagi saat ini kita sedang berada dalam kondisi pandemi wabah virus corona. Dengan adanya dana darurat dapat membatu sahabat satuters dalam mengurangi risiko akibat berkurangnya pendapatan atau sebagai dana mendesak apabila uang yang ada di tabungan tidak cukup.

Kira-kira berapa jumlah ideal dana darurat? Jawabannya, jumlah idealnya tergantung dari masing-masing kebutuhan setiap orang. Namun pada umumnya 3-6 kali jumlah pengeluaran.

Bolehkah memiliki dana darurat lebih dari jumlah ideal? Jawabannya, tentu saja boleh. Sebab ada juga sebagian juga orang yang memiliki dana darurat 12 kali pengeluaran bulanannya.

Apakah efektif jika memiliki dana darurat sebanyak 12 kali pengeluaran bulanannya? Yuk kita simak ulasannya berikut ini :

  1. Terjadinya inflasi

Memiliki dana darurat memang menjamin kenyaman bagi si pemiliknya, namun ternyata ada juga loh biaya besar untuk kenyamanan tersebut yaitu inflasi. Yang membuat nyaman juga dana darurat di dalam tabungan bisa di ambil dengan mudah dan cepat. Tapi tahukah sahabat satuters, jika tabungan yang di tawarkan oleh tabungan tersebut tetap tidak bisa membantu sahabat satuters melawan inflasi.

Jadi inflasi ini dapat mengurangi dana darurat yang sudah susah payah sahabat satuters kumpulkan.

  1. Tidak memahami tujuan dari dana darurat

Pada umumnya penggunaan dana darurat biasanya digunakan untuk membiayai kebutuhan mendesak apabila sahabat satuters kehilangan pekerjaan atau penghasilan. Jadi saat sahabat satuters masih memiliki penghasilan, tentunya dana darurat tidak digunakan.

Namun pada kenyataannya, terkadang  ada juga sebagian orang yang masih mengambil uang dari dana darurat untuk keperluan yang tidak terduga. Inilah yang tidak diperbolehkan karena dirinya tidak memahami tujuan dari dirinya menyimpan dana darurat.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Dana Darurat Melebihi Jumlah Ideal, Apakah Boleh Dilakukan?”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110