Share this post

Dana Darurat Telah Habis? Apa Yang Harus Di Lakukan? – Akhirnya Anda menggunakan dana darurat untuk sebuah kebutuhan penting. Pada satu sisi, Anda merasa bersyukur bahwa ada uang untuk melalui masa sulit namun disisi lain, Anda merasa sedih karena dana yang selama ini dibangun habis.

Dengan digunakannya dana darurat, Anda tidak punya lagi uang ekstra atau penyangga. Lalu, apa saja yang Anda harus lakukan setelah menggunakan dana darurat?

1. Lakukan perhitungan

Anda harus membuat daftar semua pengeluaran dengan mengumpulkan dan mencatat semua pengeluaran beserta bon, bila ada. Ini akan membantu Anda menelaah bagaimana saja Anda telah membelanjakan dana darurat.

Dengan cara ini, Anda juga bisa memastikan diri sendiri bahwa Anda telah menggunakan dana darurat dengan bijaksana. Melakukan ini juga akan membantu Anda mengetahui apakah ada sisa uang di dana darurat Anda,  atau apakah Anda telah menggunakan sumber lain saat dana darurat tidak mencukupi.

2. Perhitungan ke depan

Apakah masalah Anda sudah terselesaikan atau belum? Jika belum, coba lakukan perhitungan berapa banyak lagi dana yang Anda butuhkan kedepannya? Mungkin Anda atau keluarga Anda masih membutuhkan perhatian medis? Atau, perbaikan rumah belum selesai. Jika ini situasi yang Anda hadapi, melakukan perhitungan akan membantu Anda mengetahui apakah uang yang tersisa di dana darurat Anda cukup untuk menutupi kebutuhan masa depan. Jika tidak, maka Anda harus pikirkan apakah ingin mulai menggunakan tabungan, mengajukan multiguna, atau menjual aset sebagai beberapa alternatif pendanaan.

3. Stabilkan keuangan Anda

Jika masalah ternyata terselesaikan, kini saatnya untuk mulai menstabilkan keadaan keuangan Anda. Anda sudah membuat daftar pengeluaran dengan dana darurat. Lalu, hitung juga berapa sisa tabungan yang Anda miliki dan apakah ada hutang atau tagihan lain yang perlu dibayarkan.

Kalau Anda memiliki hutang, maka fokus utama kedepannya adalah menyisihkan sejumlah uang setiap bulannya untuk membayar hutang. Dengan begini, pelan-pelan Anda mulai memulihkan kekuatan finansial Anda dan bisa kembali menyiapkan kebutuhan masa depan.

4. Kurangi pengeluaran kurang penting

Setelah melihat sendiri betapa bergunanya uang darurat, Anda mau kembali mengumpulkannya. Anda telah sukses melakukannya sekali, maka pastinya Anda bisa melaksanakannya lagi. Mulai kurangi pengeluaran Anda yang kurang penting dan tabunglah uang tersebut. Selain itu, tabung juga semua uang tambahan, baik dari bonus atau usaha sampingan, untuk membagun dana darurat lagi.

5. Beri jeda untuk tujuan keuangan lainnya

Sebelum menggunakan dana darurat, mungkin Anda juga sedang mengumpulkan uang untuk liburan. Untuk saat ini, hentikan dulu menghimpun tabungan untuk hal-hal yang kurang esensial. Lebih baik Anda memusatkan perhatian untuk secepatnya membangun kembali dana darurat yang lebih bermanfaat.

Sahabat.. Jangan pernah menyesali bahwa Anda telah menghabiskan dana darurat karena Anda pastinya telah menggunakannya untuk sesuatu yang bermakna. Dan dengan mengulang kembali perencanaan keuangan yang baik, Anda bisa membangun kembali dana darurat dalam waktu yang singkat.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Dana Darurat Telah Habis? Apa Yang Harus Di Lakukan?“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

NOVEMBER 11, 2019

Sering Sakit Punggung? Segera...

Sering Sakit Punggung? Segera Lakukan Cara Sederhana Ini – Apakah Anda pernah...

0

NOVEMBER 10, 2019

Cara Menentukan Skala...

Cara Menentukan Skala Prioritas Perencanaan Keuangan Dengan Baik – Pernahkah Anda...

0

NOVEMBER 9, 2019

Umur Semakin Bertambah Namun...

Umur Semakin Bertambah Namun Uang Masih Pas-pasan – Mengatur keuangan adalah hal...

0

NOVEMBER 8, 2019

Mengenal Problematika...

Mengenal Problematika Kemapanan, Kamu Wajib Tahu! – Umumnya orang berpikir bahwa...

0

NOVEMBER 7, 2019

Polis Asuransi Ada Tapi Lupa...

Polis Asuransi Ada Tapi Lupa Manfaatnya, Ini Yang Harus Di Lakukan – Bagi sebagian...

0

NOVEMBER 5, 2019

Membeli Rumah Impian Dengan...

Membeli Rumah Impian Dengan Menggunakan 5 Jenis Investasi Ini – Setiap orang tentu...

0
Call Now Button