Categories
Asuransi Penyakit Kritis Berita Terbaru Info Asuransi Makanan dan Gaya Hidup

Daya Tahan Tubuh Sering Menurun? Waspada Tuberkulosis Meningitis

Daya Tahan Tubuh Sering Menurun? Waspada Tuberkulosis Meningitis – Meningitis tuberkulosis merupakan peradangan pada selaput otak (meningen) yang disebabkan oleh baktero Mycobacterium tuberkulosis. Penyakit ini merupakan salah satu bentuk komplikasi yang sering muncul pada penyakit tuberkulosis paru. Infeksi primer muncul di paru-paru dan dapat menyebar secara limfogen dan hematogen ke berbagai daerah tubuh di luar paru, seperti perikardium, usus, kulit, tulang, sendi, dan selaput otak.

Mycobacterium tuberkulosis merupakan bakteri berbentuk batang pleomorfik gram positif berukuran 0,4-3 cm, yang mempunyai sifat tahan asam, dan dapat hidup selama berminggu-minggu dalam keadaan kering, serta lambat bermultiplikasi (setiap 15 sampai 20 jam).

Bakteri ini merupakan salah satu bakteri yang bersifat intracellular pathogen pada hewan dan manusia. Selain Mycobacterium tuberculosis, spesies lainnya yang juga dapat menimbulkan Mycobacterium. Mycobacterium africanum, dan Mycobacteriummicroti.

Siapa saja yang bisa terkena Tuberkulosis Meningitis?

Penyakit meningitis TB dapat menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Orang-orang yang mempunyai risiko tinggi menderita meningitis TB adalah:

  1. Anak-anak yang menderita TB paru primer.
  2. Orang dengan kekebalan tubuh yang menurun akibat usia tua, kurang gizi, dan HIV (Human Immmunodeficiency Virus).
  3. Orang dengan penyakit kronis/menahun seperti diabetes mellitus/DM (penyakit kencing manis), kanker, dan lain sebagainya
  4. Orang yang tinggal di perumahan yang tidak memenuhi syarat kesehatan minimal dan kebersihan yang buruk

Baca juga : Apa Itu Penyakit Meningitis Bakteri? Apakah Dapat Menular?

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Tuberkulosis Meningitis.

Tuberkulosis Meningitis

“Meningitis disebabkan oleh bakteri tubercle, yang mengakibatkan adanya deficit neurologis permanen selama minimal 6 (enam) bulan berturut-turut. Diagnosis harus ditegakkan oleh pemeriksaan analisa cairan serebrospinal dengan pungsi lumbal.”

Klik disini untuk melihat list Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver Allianz.

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.