Categories
Makanan dan Gaya Hidup Tips Satuterpenting

Doomscrolling, Kebiasaan Yang Tanpa Sadar Mengancam Keuanganmu

Doomscrolling, Kebiasaan Yang Tanpa Sadar Mengancam Keuanganmu – Saat ini kita berada pada situasi pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang lebih sering berada di rumah dan menghabiskan waktu di depan layar handphone terutama media sosial. Tentu kebiasaan buruk ini tidak baik bagi kesehatan mental hingga keuangan sahabat satuters dan disebut dengan istilah doomscrolling

Apa itu doomscrolling?

Doomscrolling atau doomsurfing adalah sebuah kebiasaan yang menggambarkan kecenderungan untuk terus menerus menelusuri berita negatif baik yang bersifat buruk, mengecewakan dan menyedihkan. Dan kebiasaan ini tentunya tanpa disadari oleh dirinya sendiri.

Orang yang terkena doomscrolling biasanya akan hanyut di dalam kolam informasi tanpa dasar. Hingga dirinya menangkap seluruh informasi negatif yang ia baca. Ciri-ciri orangnya sangat mudah di kenali yaitu selalu berprasangka buruk, sering menyebar informasi yang berisi tentang ujaran kebencian, gosip dan lain sebagainya.

Lalu apa saja efeknya?

Banyak orang yang berpikir bahwa dirinya akan merasa lebih aman dengan terus menerus mengikuti berita tersebut. Hingga mereka tidak sadar bahwa dengan mengkonsumsi berita negatif tersebut justru akan membuat dirinya merasa ketakutan, cemas hingga stres yang berlebihan.

Dalam jangka waktu panjang, doomscrolling akan meningkatkan kadar kolesterol dan adrenalin yang keduanya ini merupakan hormon stres. Dan apabila hormon stres ini meningkat maka akan menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti gangguan tidur, penyakit jantung, diabetes, obesitas hingga maag.

Apakah Doomscrolling bisa merusak keuangan?

Ya, tentu saja dapat merusak keuangan. Pasalnya ketika sahabat satutes terkena kebiasaan buruk ini,  kamu akan jatuh sakit dan ujung-ujungnya terpaksa sahabat satuters mengeluarkan anggaran untuk pengobatan tersebut. Hal inilah yang bisa membuat perencanaan keuangan sahabat satuters menjadi gagal.

Bagaimana cara mencegah doomscrolling?

Untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, sebaiknya sahabat satutes membatasi jumlah waktu yang dihabiskan di media sosial. Palingkanlah dari handphone setidaknya 15 menit setiap kali mengakses media sosial terutama di malam hari.

Walaupun sahabat satuters harus menggunakan media sosial secara rutin, maka pandai-pandailah dalam memilih informasi. Carilah yang informasi yang lebih bermanfaat daripada informasi negatif.

Latih diri untuk melihat hal-hal  yang positif dan buatlah hidup sahabat satuters menjadi lebih rileks dan simple. Agar tercapainya kebahagiaan hidup dengan menjaga kondisi keuangan sebaik mungkin.

Jangan lupa untuk membuat perencanaan keuangan, karena dengan perencanaan keuangan yang baik adalah sebuah kunci untuk mencapai suatu kebahagiaan.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Doomscrolling, Kebiasaan Yang Tanpa Sadar Mengancam Keuanganmu”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110