Share this post

Fakta Tentang Mikroplastik Yang Sangat Membahayakan Tubuh – Mikroplastik adalah partikel yang besarnya tidak lebih dari 1 mm berasal dari bahan baku plastik dan kosmetik. Jadi mikroplastik dihasilkan dari sampah plastik yang terdegradasi menjadi ukuran lebih kecil.

Dalam studi terbaru memperkirakan sekitar 5 triliun partikel plastik dengan berat total 268.940 ton mengapung di lautan saat ini. Seluruh negara di dunia menyumbang triliunan partikel plastik yang dihasilkan dari sampah plastik 1,3 miliar ton setiap tahun. Sedangkan studi yang dilakukan UNEP (United Nations Environment Programme) setidaknya sebanyak 280 juta ton plastik diproduksi di dunia setiap tahunnya.

Pada tahun 2025, Bank Dunia menyebutkan angka 2,2 miliar ton sampah plastik yang akan dihasilkan di seluruh dunia. Dampak yang ditimbulkan akibat sampah plastik yang merusak ekosistem laut dan wisata alam setiap tahun sekitar 13 miliar dollar. Indonesia tidak boleh berbangga dengan predikat sebagai negara kedua penyumbang sampah plastik terbesar di dunia yaitu 187,2 juta ton setelah China yang mencapai 262,9 juta ton.

Apa Saja Tipe Dari Mikroplastik ?


Mikroplastik primer
berasal dari microbeads, kapsul, fiber dan pellets. Contohnya pada kosmetik seperti produk pembersih yang yang mengandung microbeads (butiran plastik berukuran sangat kecil yang berfungsi untuk meluruhkan sel – sel kulit mati) , microfiber digunakan pada tekstil, dan getah kelapa untuk proses pembuatan plastik.

Mikroplastik sekunder berasal dari hasil sampah plastik yang terbawa ke lautan, terpecah menjadi plastik yang berukuran kecil. Mikroplastik tersebut terombang – ambing di lautan tanpa pernah bisa terurai hingga ratusan tahun dan menjadi santapan organisme laut.

Penyusutan ukuran plastik ini disebabkan adanya aktivitas sinar UV yang bereaksi pada plastik, juga dapat disebabkan oleh adanya gelombang yang menyebabkan abrasi, sehingga plastik tersebut akan terakumulasi pada sedimen serta air laut.

Menurut M. Reza Cordova, peneliti di Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) LIPI, dari 76 juta plastik yang manusia gunakan, hanya dua persen yang didaur ulang. Sementara 32 persen sisanya masuk ke ekosistem. Semua sampah plastik yang ada di ekosistem nantinya dapat dipastikan berakhir pada lautan dan mengancam biota yang ada. Bagi biota laut, sampah plastik dapat berakibat fatal.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Fakta Tentang Mikroplastik Yang Sangat Membahayakan Tubuh“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

MARCH 27, 2020

Mengkonsumsi Garam Secara...

Mengkonsumsi Garam Secara Berlebihan? Ini Penyakit Yang Akan Muncul – Garam...

0

MARCH 26, 2020

Cara Gunakan Masker Dengan...

Cara Gunakan Masker Dengan Benar Agar Tidak Tertular Virus Corona – Menutup hidung...

0

MARCH 25, 2020

Memiliki Asuransi Jiwa Apakah...

Memiliki Asuransi Jiwa Apakah Itu Penting? Ini Penjelasannya – Sedia payung sebelum...

0

MARCH 24, 2020

Tentang Premi Asuransi...

Tentang Premi Asuransi Kesehatan, Yuk Kenali Lebih Jauh – Premi Asuransi merupakan...

0

MARCH 23, 2020

Tips Agar Tidak Mudah...

Tips Agar Tidak Mudah Tertular Virus Corona, Begini Caranya – Virus ini...

0

MARCH 22, 2020

Kesehatan Tubuhmu Ternyata Di...

Kesehatan Tubuhmu Ternyata Di Pengaruhi Oleh Hal Ini – Kesehatan pribadi merupakan...

0
Call Now Button