Categories
Asuransi Penyakit Kritis Berita Terbaru Kesehatan

Gagal Ginjal, Inilah Penyebabnya Yang Jarang Disadari Oleh Banyak Orang

Gagal Ginjal, Inilah Penyebabnya Yang Jarang Disadari Oleh Banyak Orang – Ginjal adalah salah salah satu dari lima organ penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Bentuk ginjal seperti kacang yang terletak di kedua sisi tulang belakang, tepatnya di atas pinggang. Pada kondisi normal, ginjal selalu melakukan pekerjaanya dengan sempurna yaitu membuang racun dan limbah-limbah metabolisme yang ada di dalam tubuh.

Namun jika ginjal tidak berfungsi dengan semestinya atau biasa disebut dengan gagal ginjal, dalam hal ini ginjal telah kehilangan kemampuannya dalam menyaring racun dalam tubuh hingga menyebabkan penumpukan limbah beracun dalam tubuh dan mengakibatkan susunan kimiawi darah menjadi rusak.

Maka dari itu penyakit gagal ginjal merupakan suatu kondisi kesehatan yang sangat serius yang secepatnya harus ditangani, namun gejala dari gagal ginjal sering sekali tidak terdeteksi bahkan samar-samar. Perlahan tapi pasti, penyakit ini akan terasa memberat dari waktu ke waktu.

Penyebab Gagal Ginjal

Penyebab dari penyakit gagal ginjal di kelompokan menjadi 3 kelompok :

1. Gagal ginjal yang diakibatkan oleh kerusakan pada ginjal

Kerusakan yang terjadi pada ginjal dapat menyebabkan terganggunya fungsi ginjal. Diantaranya :

  • Diabetes, yang dapat menyebabkan penumpukan glukosa dalam darah yang dapat merusak pembuluh ginjal
  • Penyakit autoimun seperti eritematosis lupus sistemik, yaitu sistem imun di dalam tubuh menyerang dan merusak ginjal
  • Penyakit kuning dan malaria
  • Tekanan darah tinggi
  • Peradangan pembuluh darah
  • Obat-obatan kemoterapi
  • Infeksi yang tidak di tangani
  • Penyalahgunaan narkoba dan alkohol
  • Jumlah racun seperti logam yang terlalu banyak masuk di dalam tubuh

2. Gagal ginjal yang disebabkan oleh hilangnya aliran darah ke ginjal

Ketika ginjal telah kehilangan asupannya secara tiba-tiba, maka menyebabkan ginjal berhenti berfungsi dan merupakan penyebab umum untuk penyakit ginjal akut. Biasanya kondisi seperti ini disebabkan oleh penyakit stenosis arteri (penyempitan atau penyumbatan pembuluh arteri ginjal), pengerasan hati, serangan jantung, jantung koroner, dehidrasi, timbunan kolesterol, luka bakar serta infeksi.

3. Sulit untuk buang air kecil yang menyebabkan gagal ginjal

Dalam kasus seperti ini biasanya disebabkan oleh sumbatan yang meningkatkan tekanan pada ginjal dan mengganggu fungsinya. Dan beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar, prostat, usus dan leher Rahim (serviks) serta batu ginjal, darah beku yang bisa menyebabkan penyumbatan pada aliran air kemih.

Jenis-Jenis Gagal Ginjal

Gagal ginjal pada umumnya terdapat 2 jenis yaitu :

1. Gagal Ginjal Akut

pada kondisi gagal ginjal akut biasanya penderita mengalami sulitnya buang air besar,  pembengkakan di dalam organ tubuh bagian bawah (kaki), nafsu makan turun, mual-mual atau muntah-muntah, perasaan bingung, mudah mengantuk dan nyeri pada tubuh bagian samping di bawah tulang iga.

2. Gagal Ginjal Kronis

Biasanya pada kondisi kronis seperti ini, penyakit berlangsung dan memburuk dalam waktu yang sangat lama. Hal inilah yang menyebabkan hilangnya fungsi ginjal serta menyusutnya ukuran ginjal.

Beberapa gejala umum biasanya dengan berkurangnya  frekuensi buang air kecil, anemia, insomnia, gatal-gatal pada kulit, hipertensi, sakit kepala yang tidak dapat dijelaskan, hilang selera makan, kram otot, tubuh bagian samping mengalami nyeri, pembengkakan pada bagian tubuh dan perubahan badan secara tiba-tiba.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentangGagal Ginjal, Inilah Penyebabnya Yang Jarang Disadari Oleh Banyak Orang”. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak. Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811