Share this post

Gangguan Sulit Berjalan Akibat Penyakit Supranuclear Palsy Progresif – Penyakit Supranuclear Palsy Progresif adalah gangguan otak langka yang menyebabkan kesulitan berjalan, masalah keseimbangan dan gerakan mata. Gangguan ini terjadi akibat kerusakan sel di area otak yang berfungsi untuk mengontrol gerakan tubuh dan pikiran.
Kelumpuhan Penyakit Supranuclear Palsy Progresif ini umumnya akan semakin memburuk dari waktu ke waktu dan dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam keselamatan jiwa, seperti pneumonia dan masalah menelan. Tidak ada obat untuk kelumpuhan supranuklear progresif ini, sehingga pengobatan hanya akan difokuskan untuk mengelola tanda-tanda dan gejala.

Gejala
Tanda-tanda dan gejala khas kelumpuhan supranuklear progresif, antara lain:

  • Kehilangan keseimbangan saat berjalan.Mereka yang menderita kelumpuhan supranuklear progresif akan cenderung lebih mudah terjatuh ke belakarang pada tahap awal perkembangan penyakit.
  • Tidak bisa memfokuskan pandangan mata dengan benar.Penderita akan mengalami kesulitan saat mencoba memandang ke bawah, atau mendapati penglihatannya kabur dan atau mengalami penglihatan ganda. Kesulitan memfokuskan pandangan mata ini dapat membuat beberapa orang menumpahkan makanannya atau tampak tidak tertarik dengan suatu percakapan karena kontak mata yang buruk.

Tanda dan gejala tambahan dari kelumpuhan supranuklear progresif biasanya bervariasi dan terkadang mirip dengan gejalapenyakit Parkinson dan demensia.Tanda-tanda dan gejala memburuk mengikuti perkembangan penyakit, dan dapat mencakup:

  • Kekakuan dan gerakan tubuh yang tampak aneh atau canggung
  • Jatuh
  • Masalah berbicara dan menelan
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Gangguan tidur
  • Kehilangan minat dalam kegiatan yang menyenangkan
  • Perilaku impulsif, mungkin termasuk tertawa atau menangis tanpa alasan
  • Gangguan memori, penalaran, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan
  • Depresi dan kecemasan
  • Ekspresi wajah yang tampak seperti orang terkejut atau ketakutan, akibat otot-otot wajah yang kaku

Penyebab
Penyebab kelumpuhan supranuklear progresif hingga saat ini belum diketahui.Tanda-tanda dan gejala penyakit ini timbul akibat kerusakan sel di daerah otak, terutama area otak yang membantu mengontrol gerakan tubuh (otak tengah) dan berpikir (lobus frontal).

Para peneliti menemukan bahwa sel-sel otak yang memburuk pada penderita kelumpuhan supranuklear progresif memiliki protein dalam jumlah yang abnormal protein. Protein ini disebut tau.Gumpalan tau merupakan ciri khas dari gangguan neurodegeneratif lain, seperti penyakit Alzheimer.

Terkadang, kelumpuhan supranuklear progresif turun menurun dalam keluarga.Tapi hubungan penyakit ini dengan faktor genetik tidak jelas, dan kebanyakan orang dengan kelumpuhan supranuklear progresif tidak menderita penyakit ini karena faktor genetik.

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Supranuclear Palsy Progresif.

Supranuclear Palsy Progresif

“Supranuclear Palsy Progresif yang menyebabkan secara independen terlepas dari penyebab-penyebab lain, dan secara langsung menyebabkan adanya kekurangan kendali pada gaya berjalan dan keseimbangan, dan ketidakmampuan permanen untuk melakukan (dengan atau tanpa bantuan) setidaknya 3 (tiga) dari 6 (enam) Aktivitas hidup sehari-hari. Diagnosis progresif harus ditegakkan oleh dokter spesialis saraf dan menunjukkan defisit neurologis setidaknya selama 6 (enam) bulan berturut-turut.

Hanya tertanggung yang berusia diatas 5 (lima) tahun pada diagnosis pertamanya yang berhak mendapatkan manfaat atas penyakit ini.”

Klik disini untuk melihat list Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver Allianz.

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

MAY 13, 2019

Penyakit Anemia Aplastik,...

Penyakit Anemia Aplastik, Menjadi Penyakit Yang Menakutkan di Dunia – Anemia...

0

MAY 11, 2019

Peradangan Pada Struktur...

Peradangan Pada Struktur Ginjal Akibat Penyakit Glomerulonefritis Kronis-...

0

MAY 10, 2019

Peradangan Kronis Pada Usus...

Peradangan Kronis Pada Usus Besar (Kolitis Ulseratif) – Kolitis Ulseratif adalah...

0

MAY 9, 2019

Peradangan Pada Usus (Crohn...

Peradangan Pada Usus (Crohn Kronis), Salah Satu Penyakit Langka – Penyakit Crohn...

0

MAY 7, 2019

Tindakan Transplantasi...

Tindakan Transplantasi Kornea, Akibat Jaringan Parut Pada Mata – Mata Anda memiliki...

0

MAY 6, 2019

 Transplantasi Usus Halus...

 Transplantasi Usus Halus Akibat Suatu Penyakit Serius – Usus halus merupakan...

0