Share this post

Gejala Kanker Otak Stadium Awal Secara Umum Yang Wajib Diketahui – Kanker otak merupakan salah satu tumor ganas yang menyerang bagian otak, parahnya ciri ciri dan gejala kanker otak tidak begitu diketahui pada awal pertumbuhannya.

Terlepas dari bahayanya, tentu pengetahuan dini mengenai ciri-ciri yang menjadi tanda sahabat satuters mengidap kanker otak cukup penting di ketahui. Otak memiliki bagian dan fungsi yang berbeda-beda, sehingga gejala yang timbul ketika terjadinya kanker otak pun menjadi berbeda-beda pula.

Gejala umum kanker otak tergantung pada bagian mana kanker otak itu tumbuh, namun secara umum menunjukkan gejala sebagai berikut.

1. Nyeri Kepala

Kebanyakan kasus kanker otak ditandai dengan keluhan nyeri pada kepala. Biasanya berupa keluhan sakit kepala menusuk pada titik tertentu, rasa sakit yang luas di seluruh kepala atau malah masalah migrain. Ini adalah efek paling umum dari tekanan yang muncul pada sejumlah jaringan otak akibat efek perkembangan sel kanker.

2. Mual atau muntah

Mual bisa jadi merupakan reaksi tubuh terhadap masalah keseimbangan dan fungsi saraf yang mulai terganggu. Gejala kanker otak stadium awal salah satunya dengan terjadinya muntah ditemukan pada 30% kasus kanker otak di dunia.

3. Penurunan fungsi motorik

Karena efek tekanan dari sel kanker pada otak yang mengenai sistem saraf yang mengatur fungsi motorik tertentu, pasien bisa jadi merasakan ciri-ciri kanker otak berupa kesulitan melakukan gerakan motorik tertentu. Pada tahap awal, tanda-tanda kanker otak ini terkesan ringan dan masih datang dan pergi sehingga kerap dipandang sekedar efek kelelahan belaka.

4. Penurunan fungsi saraf indera

Beberapa pasien menunjukkan tanda-tanda kanker otak berupa penglihatan yang memburam, gangguan pada indera penciuman, pendengaran atau bahkan pada indera perasa mereka. Pasien bisa jadi kehilangan kepekaan pada sentuhan atau malah bisa jadi kesulitan bicara.

5. Gangguan kongnitif

Yaitu seperti kemampuan konsentrasi, kemampuan berhitung, dan beranalisa juga bisa terganggu. Lagi-lagi bergantung pada titik saraf dan jaringan mana yang terganggu.

6. Gangguan emosi

Ada bagian otak yang memiliki peran besar mengatur fungsi emosi dan ketika titik ini yang terpengaruh pasien bisa jadi berubah menjadi pemarah, emosional atau pemurung.

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.