Categories
Kesehatan

Hantavirus, Virus Baru Dari Binantang Pengerat Selain Corona

Hantavirus, Virus Baru Dari Binantang Pengerat Selain Corona – Belum lagi selesai dengan virus corona, china kembali digemparkan dengan virus baru yang bernama hanta. Pemberitaan mengenai hantavirus ini awalnya ramai di media lokal china. Hingga media dari Global Times memberitakan, ada seorang pria asal yunnan tiba-tiba meninggal di dalam bus saat sedang melakukan perjalanan ke Provinsi Shandong, China.

Kemudian setelah di lakukannya pemeriksaan menggunakan tes nukleus acid, pria tersebut ternyata terkena penyakit hantavirus dan seluruh penumpang yang berjumlah 32 orang diperiksa, serta memasikan apakah para penumpang tersebut juga terkena hantavirus.

Kasus hantavirus ini bukanlah yang pertama kali yang terjadi di china, namun sebelumnnya sudah pernah terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1993. penyakit ini ditularkan dari hewan pengerat seperti tikus ke manusia. Dan hingga saat ibi belum ditemukan kasus bahwa virus ini dapat menular antarmanusia. Namun, virus ini dikhawatirkan bisa mewabah seperti Covid-19, yang saat ini sedang terjadi di seluruh dunia.

Lalu apa saja gejala dari hantavirus?

Penyakit ini di mulai dengan gejala seperti demam, nyeri otot, dan menjadi sangat lelah. Namun apabila seseorang bertambah semakin parah maka dirinya akan merasakan sakit kepala, badan menjadi dingin, kepala menjadi pusing, muntah dan diare.

Kemudian, emat hingga sepuluh hari setelah fase awal, penderitanya akan mengalami batuk dan sesak napas. Paru-parunya kemudian dipenuhi cairan. Karena itu virus ini kerap disebut hantavirus pulmonary syndrome (HPS).

Seperti apa diagnosanya dan apa saja perawatannya?

Ketahuilah hingga saat ini, hantavirus sulit untuk diketahui masa awal-awal infeksi karena gejalanya sangat mirip dengan flu biasa. Pasien yang kemudian mengalami demam dan kelelahan serta memiliki kontak dengan binatang pengerat, kemungkinan besar menerima diagonosis HPS.

Dan hingga saat ini belum ada pengobatan khusus dan vaksin untuk mengobatai virus ini.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Hantavirus, Virus Baru Dari Binantang Pengerat Selain Corona. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak . Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811