Categories
Berita Terbaru Info Asuransi Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Harga Obat Resep Terlalu Mahal? Tips Sederhana Menyiasatinya

Harga Obat Resep Terlalu Mahal? Tips Sederhana Menyiasatinya – Meskipun Anda telah memiliki asuransi kesehatan yang menanggung biaya atas obat resep, biasanya itu tidak ditanggung secara penuh. Dengan harga obat resep yang cukup mahal ketimbang obat generik, tanpa disadari obat resep membuat uang Anda menipis.

Dengan sedikit waktu untuk menggali lebih dalam tentang obat-obat yang diberikan dokter, Anda dapat menemukan cara untuk menghemat lebih banyak uang. Berikut lima saran untuk menghemat obat resep versi Cigna Indonesia.

1. Cari apotek yang bersahabat

Setiap apotek mempekerjakan apoteker dimana salah satu tugasnya adalah dispensing obat. Dispensing terdiri dari penyiapan, penyerahan dan pemberian obat beserta informasinya kepada pasien. Dispensing akan dilakukan setelah Apoteker melakukan pengkajian terhadap resep.

Nah, terdapat dispensing fee yang dikenakan oleh setiap apotek terhadap jasa tersebut. Kenali apotek mana yang memberikan biaya jasa terendah. Tak perlu ragu untuk membeli obat resep di apotek di luar rumah sakit, jika ada rekan Anda yang memberikan rekomendasi apotek terdaftar yang memberikan harga lebih murah.

 

2. Beli obat generik

Obat generik identik secara klinis diklaim sama manjurnya dengan obat bermerek, apalagi ia dibuat dengan bahan aktif yang sama. Namun, harganya jauh lebih murah. Sebuah obat bermerek harganya bisa 10 kali lipat lebih mahal ketimbang obat generik.

Artinya, jangan pasrah apabila seorang dokter meresepkan obat bermerek kepada Anda. Hak Anda sebagai pasien boleh meminta resep obat generik jika memang tersedia. Rumah sakit dan fasilitas kesehatan milik pemerintah saat ini sudah mewajibkan penggunaan obat generik, baik untuk diambil di sarana pelayanan kesehatan maupun untuk ditebus di luar rumah sakit itu.

 

3. Minta stok obat lebih banyak

Apoteker dapat memberikan stok obat resep yang jauh lebih banyak bagi Anda yang memiliki penyakit dengan kondisi kronis. Sehingga, Anda hanya membayar pengeluaran itu sekali saja di awal. Dengan cara ini, Anda dapat terhindari dari kehabisan pasokan pada obat-obat tertentu.

Jadi, tanyakan kepada dokter Anda apakah mungkin memperoleh stok obat resep untuk waktu yang lebih lama.

 

4. Minta sampel

Jika dokter Anda menyarankan Anda mencoba obat baru, tanyakan apakah produsen telah memberikan sampel gratis kepada dokter. Ini berguna bagi Anda yang sering alergi dengan jenis obat baru. Sehingga meminimalisir biaya sia-sia di kemudian hari.

 

5. Tinjau secara teratur

Sebagai bagian dari kunjungan rutin Anda, mintalah dokter dan apoteker untuk mengevaluasi kembali obat resep yang telah Anda konsumsi. Ini dilakukan demi memastikan segalanya bekerja sesuai rencana. Dokter dapat menentukan kembali apakah Anda masih perlu mengkonsumsi obat-obatan itu atau tidak.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Harga Obat Resep Terlalu Mahal? Tips Sederhana Menyiasatinya”. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.