Categories
Asuransi Penyakit Kritis Berita Terbaru Info Asuransi Kesehatan

Infeksi Yang Berujung Komplikasi Hingga Kematian, Waspada Penyakit Ini

Infeksi Yang Berujung Komplikasi Hingga Kematian, Waspada Penyakit Ini – Setiap manusia memiliki sistem imun tubuh, yang berfungsi agar tidak mudah terserang penyakit. Namun apabila seseorang sedang mengalami infeksi atau cedera, kemudian kondisi sistem kekebalan tubuh terlalu lelah untuk mengatasinya maka terjadilah sepsis.

Penyakit sepsis ini biasa dikenal dengan istilah “keracunan darah”, jadi dengan kata lain penyakit sepsis adalah suatu kondisi tubuh yang mengalami komplikasi yang berbahaya dari infeksi yang tidak ditangani dengan baik hingga mengancam jiwa penderita.

Hal ini dikarenakan sistem imun tubuh mengeluarkan bahan kimia ke dalam aliran darah untuk melawan infeksi sehingga menyebabkan peradangan pada seluruh tubuh. Zat kimia tersebutlah yang menyebabkan peradangan hingga menyerang jaringan yang sehat. Akibatnya tubuh penderita tidak hanya melawan infeksi namun menyerang dirinya sendiri.

Peradangan yang diakibatkan oleh penyakit sepsis ini dapat memicu efek berkelanjutan yang berujung pada kerusakan jaringan dan kegagalan fungsi organ. Jadi dapat dikatakan bahwa sepsis ini adalah bentuk respon imun tubuh yang ekstrem terhadap infeksi.

Gejala sepsis

Seseorang yang mengalami penyakit sepsis ini biasanya akan mengalami hal-hal berikut :

  1. Penderita sedang mengalami infeksi, luka atau cedera.
  2. Tekanan darah di bawah 100 milimeter merkuri (mm/Hg)
  3. Laju pernapasan lebih dari 20 napas per menit
  4. Demam di atas 38 derajat celcius atau suhu tubuh di bawah 36 derajat celcius.

Penyebab sepsis

Segala jenis infeksi dapat memicu terjadinya sepsis, namun ada beberapa jenis infeksi yang memiliki risiko paling tinggi penyebab sepsis, diantaranya adalah :

  1. Infeksi pada bagian perut
  2. Infeksi pada aliran darah
  3. Faktor usia atau penuaan
  4. Resistensi terhadap antibiotik
  5. Infeksi pada ginjal
  6. Penyakit pneumonia
  7. Radang selaput otak atau meningitis
  8. Bakteremia, yaitu adanya bakteri dalam aliran darah

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Infeksi Yang Berujung Komplikasi Hingga Kematian, Waspada Penyakit Ini”. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak. 

Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811