Categories
Tips Satuterpenting

Ingin Bebas Utang Sejak Usia Muda? Tips Cara Mengatasinya

Ingin Bebas Utang Sejak Usia Muda? Tips Cara Mengatasinya – Utang bisa dikatakan sebagai penyelamat masalah finansial dan solusi yang sangat cepat. Apalagi utang tersebut bersifat produktif bukan konsumtif. Namun memiliki utang sering kali membuat hidup seseorang menjadi tidak tenang.

Tahukah sahabat satuters ada cara sederhana yang bisa sahabat satuters lakukan agar terhindari dari lilitan utang, bahkan sejak usia muda sekalipun, yaitu dengan membuat perencanaan keuangan sejak usia muda. Jangan pernah menunda sehari pun untuk menabung dan investasi. Pasalnya, apa yang sahabat satuters lakukan di usia muda akan berpengaruh pada kondisi keuangan di masa depan nantinya.

Nah, agar sahabat satuters bisa mapan saat memasuki usia  30 tahun, ada beberapa hal yang dapat sahabat satuters lakukan mulai dari sekarang, apa sajakah itu? Berikut ulasannya :

  1. Hindari gaya hidup yang berlebihan

Saat  sahabat satuters hobi menggunakan barang-barang mewah memang bisa membuat diri lebih bahagia. Namun, kebahagiaan sadarkah sahabat satuters kebahagiaan yang di dapat hanya sementara saja. Kehidupan mewah dan berlebihan hanya akan membuat hidup sahabat satuters menjadi tidak tenang, apalagi memiliki tumpukan utang. Maka lebih baik hindari gaya hidup yang berlebihan dan tidak perlu iri pada gaya hidup orang lain.

  1. Siapkan dana darurat

Dana darurat adalah hal yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan. Sebab dengan memiliki dana darurat, sahabat satuters akan terbantu untuk menghadapai hal -hal yang tidak dapat diperkirakan terjadi di masa depan. Misalnya saja terjadi kecelakaan, kebakaran rumah dan lainnya.

Bagi yang masih lajang, sisihkan dana darurat 15% dari penghasilan mu setiap bulannya. Simpan dana darurat pada rekening yang terpisah namun mudah di cairkan. Jika sudah memilikinya, sahabat satuters akan memperkecil potensi untuk berutang.

  1. Membuat batasan dengan jelas

Ketika sahabat satuters berencana membebaskan diri dari utang, jangan pernah menambah utang baru. Jadi buatlah batasan yang jelas agar sahabat satutes tidak terjatuh ke dalam jebakan utang.

Apabila sahabat satuters pernah terjebak utang kredit, maka jangan lagi membawa kartu kredit ke dalam dompet. Jika tidak sahabat satuters akan hilang kendali menggunakannya. Jadi bawa saja uang tunai atau kartu debit.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Ingin Bebas Utang Sejak Usia Muda? Tips Cara Mengatasinya”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110