Categories
Berita Terbaru Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Inilah 5 Aneka Buah Penurun Darah Tinggi Dan Kolesterol

Inilah 5 Aneka Buah Penurun Darah Tinggi Dan Kolesterol – Masalah kolesterol di zaman sekarang sudah menjadi sebuah masalah yang umum di masyarakat. Pola makan  tidak sehat menjadi salah satu penyebab kolesterol menumpuk di dalam tubuh.

Cara yang paling baik menurunkan kadar kolesterol adalah dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Buah-buahan yang akan dijelaskan nanti, mengandung banyak senyawa yang berkhasiat mencegah serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh anda.

 1. Alpukat

Ada anggapan bahwa alpukat adalah buah yang mempunyai  banyak kandungan lemak dan tidak baik untuk kesehatan. Memang, alpukat mengandung banyak lemak, sekitar 16 %. Tetapi lemak pada buah alpukat adalah lemak yang menyehatkan tubuh anda, karena 63% susunannya adalah asam lemak tak jenuh.

Mengonsumsi alpukat akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang buruk bagi kesehatan. Fungsi lemak tak jenuh pada alpukat adalah sebagai antioksidan, berkhasiat menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri akibat menumpuknya kolesterol LDL (low density lipoprotein).

 2. Tomat

Tomat juga masuk kedalam buah penurun kolesterol paling ampuh. Riset menyebutkan, tomat yang dimasak memiliki khasiat hampir sama seperti obat kimia penurun kolesterol, contohnya statin (obat gangguan jantung). Perbedaannya adalah tomat tidak memberikan efek samping buruk seperti lemas, sakit otot dan bahkan kerusakan saraf

Khasiat tomat ini pada senyawa likopen-nya yang memberi warna merah pada tomat matang. Likopen adalah antioksidan penting, khasiat likopen mengurangi resiko stroke dan serangan jantung. Tomat juga mengandung vitamin B dan kalium yang berguna untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Berapakah Kadar Kolesterol Normal Wanita Dewasa?

 3. Jeruk nipis

Buah yang satu ini memang tidak terlalu dikonsumsi banyak secara langsung. Buah ini lebih banyak digunakan untuk teman minum atau dicampur dalam masakan. Jeruk nipis didalamnya terkandung senyawa flavonoid, khasiatnya menghambat produksi kolesterol LDL, secara otomatis mengurangi resiko serangan jantung. Flavonoid juga banyak ditemui pada tomat, teh, brokoli, delima, kedelai, serta bawang merah dan bombay.

 4. Apel
Buah apel dianggap sebagai buah yang menyehatkan. Ada anggapan yang mengatakan makan apel setiap harinya, maka Anda tidak perlu datang ke dokter lagi. Penelitian menyebutkan, konsumsi 2 buah apel setiap hari, ternyata mampu menurunkan kadar LDL dalam darah hingga 40 persen, lebih efektif dibandingkan obat-obatan kimia. Apel juga banyak mengandung beta glucan, manfaatnya mengontrol produksi serta penyerapan kolesterol dalam tubuh.
 5. Mangga
Buah mangga masuk kedalam buah yang enak dan terjangkau jika sedang musimnya. Mangga juga termasuk buah penurun kolesterol yang ampuh. Mangga mempunyai banyak serat prebiotik yang mampu membantu menurunkan kadar kelesterol jahat dalam darah. Selain serat, ada juga vitamin C dan pectin yang mampu mengikis kolesterol LDL. Vitamin C ini mencegah kolesterol LDL teroksidasi, membuat penumpukan plak dalam pembuluh darah bisa dihindari.
Tidak cukup hanya pola makan yang sehat, tapi juga harus memiliki perlindungan jiwa. Sudahkah Anda memulai pola makan yang sehat? sudahkah Anda memiliki perlindungan jiwa?
Jika jawabannya belum, maka mulailah dan segeralah untuk menjaga pola makan Anda dan persiapkan perlindungan jiwa supaya hidup semakin nyaman. Jika anda membutuhkan asuransi jiwa, hubungi kami disini