Categories
Tips Satuterpenting

Investasi Emas Batangan Atau Emas Perhiasan? Mana Lebih Untung?

Investasi Emas Batangan Atau Emas Perhiasan? Mana Lebih Untung? – Ada banyak bentuk investasi yang bisa sahabat satuters lakukan untuk persiapan masa depan, salah satunya adalah investasi emas. Emas merupakan logam mulia yang sangat berharga dan memiliki nilai jual yang tinggi sejak zaman dahulu serta bisa menjadi simbol kekayaan seseorang.

Berinvestasi dengan emas sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Selain penggunaannya yang simple dan bisa dilakukan oleh siapa pun, emas cenderung memiliki harga yang stabil dan biasanya akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Pencairannya pun terbilang sangat mudah juga.

Ada dua jenis emas yang biasanya digunakan untuk berinvestasi, yaitu emas batangan dan emas perhiasan. keduanya juga memiliki perbedaan karakteristik dan keunggulan masing-masing. Nah kira-kira mana yang lebih untung untuk dijadikan investasi? Yuk mari kita simak ulasannya :

Emas batangan

Emas batangan sering digunakan sebagai investasi jangka panjang dan peminatnya juga lebih banyak daripada emas perhiasan. Emas batangan juga dinilai lebih ideal untuk investasi jangka panjang karena memiliki harga jual yang stabil dan cukup tinggi.

Emas batangan juga dikenal akan kemurniannya yang cukup terjamin. Karena adanya sertifikat dari setiap pembelian emas batangan tersebut, yang berisikan informasi ukuran, berat dan tingkat kadar emasnya.

Emas perhiasan

Pada umumnya emas perhiasan sangat diminati oleh kaum wanita, sehingga selain untuk investasi, emas perhiasan juga sering digunakan sebagai alat untuk memperindah penampilan.  Keunggulan inilah yang tidak dimiliki oleh emas batangan.

Tidak hanya itu, emas perhiasan juga lebih mudah di dapatkan dibandingkan dengan emas batangan. Sebab hampir di kota maupun desa-desa telah memiliki toko emas untuk menjual perhiasan tersebut.

Jika dibandingkan dengan emas batangan, emas perhiasan memiliki nilai proses pembuatan. Jasa pembuatan emas perhiasan juga cukup mahal yaitu bisa mencapai 15%-20% dari emas tersebut. Jadi apabila sahabat satuters nantinya ingin menjualnya kembali, maka biaya pembuatannya tidak dihitung dan toko hanya membayar nilai emasnya saja.

Nah, jadi dari penjelasannya di atas, sahabat satuters dapat mempertimbangkan kira-kira jenis emas mana yang akan sahabat satuters pilih untuk investasi. Karena semua kembali pada kebutuhan masing-masing orang berbeda-beda.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Investasi Emas Batangan Atau Emas Perhiasan? Mana Lebih Untung?”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110