Categories
Berita Terbaru

Jamur Kulit Pada Seseorang, Inilah Penyebab Dan Jenis-Jenisnya

Jamur Kulit Pada Seseorang, Inilah Penyebab Dan Jenis-Jenisnya – Sebagian besar orang tentunya pernah mengalami gangguan kulit seperti jamur. Infeksi jamur ini bisa di bilang menjadi salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu. Apalagi saat infeksi ini berada pada tempat mudah di lihat, tentunya akan membuat penampilan seseorang menjadi menurun dan tidak percaya diri.

Penyebab infeksi jamur kulit

Ada banyak faktor yang bisa memicu terjadinya infeksi jamur kulit. Baik karena faktor lingkungan, bersentuhan dengan sumber penyakit, hingga gaya hidup dan kebiasaan buruk yang tak sengaja menyebabkan jamur kulit. Jamur merupakan peradangan yang terjadi pada area kulit manusia.

Infeksi jamur biasanya disebabkan oleh jamur Candida atau Malassezia  yang menyentuh area tertentu pada kulit. Jadi infeksi jamur ini lebih berisiko pada seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Selain itu faktor genetik juga berpengaruh terhadap infeksi jamur. Jika seseorang memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas, maka jamur tersebut mudah berkembang biak. Sebab orang yang memiliki berat badan yang berlebihan ini biasanya memiliki lipatan kulit yang lebih banyak dan lembab sehingga area tersebut menjadi tempat yang sempurna bagi jamur kulit.

Jenis-jenis jamur kulit

  1. Tinea Pedis

Jenis jamur ini biasanya menyerang bagian kaki atau sela-sela jari kaki. Jadi jamur ini pada umumnya menyerang para atlet olahraga karena dapat berkembang biak dengan sempurna di lingkungan hangat dan lembab seperti kaus kaki dan sepatu. Gejalanya seperti terdapat kemerahan pada area tersebut, kulit menjadi tekelupas, bersisik, gatal dan sensai seperti terbakar.

  1. Infeksi jamur di vagina

Infeksi ini sesuai namanya selalu menyerang area vagina seseorang. Hal ini dikarenakan jamur Candida Albicans yang mengganggu pertumbuhan vaginal flora. Tidak hanya bagian vagina saja namun dapat menyerang bagian kuku kaki dan ruam popok. Gejala yang terjadi adalah rasa gatal

  1. Tinea crurish

Jamur ini mudah berkembang pada area tertentu seperti selangkangan, paha bagian dalam hingga bokong. Bagian kulit yang terinfeksi tersebut akan terlihat seperti kemerahan dan menimbulkan reaksi seperti gatal juga perih.

  1. Tinea Corporis atau kurap

Jenis infeksi jamur ini dipicu oleh jamur yang tumbuh subur pada jaringan mati seperti kuku kai dan tangan atau rambut sekalipun. Jika jamur ini tumbuh di tempat lain seperti leher dan bagian tubuh lainnya, bisa disebut dengan kurap. Sesuai dengan namanya, gejala yang ditimbulkan adalah bercak merah dan bersisik yang membentuk lingkaran seperti cincin dengan tepi yang yang lebih terlihat merah.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Jamur Kulit Pada Seseorang, Inilah Penyebab Dan Jenis-Jenisnya. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak . Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811