Categories
Berita Terbaru Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Jenis Depresi Pada Seseorang Yang Perlu Ketahui

Jenis Depresi Pada Seseorang Yang Perlu Ketahui – Setiap orang bisa mengalami depresi. Diperkirakan satu dari lima orang di dunia dapat mengalami kondisi ini pada tahap tertentu dalam hidup mereka. Meski begitu, keparahan dan gejala depresi yang muncul mungkin berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain.

Depresi adalah gangguan suasana hati yang serius. Kondisi ini memengaruhi bagaimana Anda merasa, berpikir, dan berperilaku dalam jangka panjang.

Sebelum membahas gejala depresi lebih lanjut, pahami dulu berbagai jenis depresi berikut ini.

  1. Depresi klinis

Disebut juga dengan major depression atau depresi berat. Orang dengan kondisi ini biasanya mengalami gejala depresi yang konstan dan berlangsung lama, setidaknya sekitar enam bulan. Gejala yang dialami bisa dalam tingkat yang ringan hingga parah.

Sering kali kondisi ini bersifat kambuhan. Namun, dalam kasus tertentu, seseorang bisa saja mengalaminya hanya satu kali dalam seumur hidupnya.

  1. Depresi psikosis

Kondisi ini terjadi ketika seseorang mengalami depresi yang dibarengi waham. Maka selain mengalami perubahan suasana hati secara drastis, pengidapnya juga mungkin kesulitan untuk membedakan mana realita dan ilusi. Misalnya, Anda merasa melihat atau mendengar hal-hal yang orang lain tidak alami.

  1. Dysthmia

Dysthmia atau juga persistent depressive disorder adalah bentuk lain dari depresi kronis. Gejala depresi jenis ini cenderung ringan. Meski begitu, gejala yang dialami bertahan setidaknya dua tahun.

Banyak orang tak menyadari mengalami kondisi ini karena terbiasa berpikir bahwa perubahan suasana hati yang mereka rasakan merupakan bagian dari “jati dirinya”.

  1. Postpartum depression

Kondisi ini biasanya terjadi setelah melahirkan, tapi jauh lebih serius daripada baby blues. Pasalnya, gejala yang ditimbulkan lebih intens dan berlansung lama.

Perasaan sedih dan cemas yang berlebihan setelah melahirkan memengaruhi kemampuan wanita dalam mengurus bayi dan dirinya sendiri.

  1. Seasonal affective disorder (SAD)

Kondisi ini disebut juga sebagai depresi musiman. Gejala yang Anda alami mungkin hanya akan timbul dalam waktu-waktu tertentu, misalnya ketika musim dingin dan musim panas.

Para ahli menyakini bahwa SAD disebabkan karena gangguan pada ritme sirkadian tubuh. Kondisi ini lebih mungkin dialami oleh orang-orang yang tinggal belahan bumi bagian utara atau selatan.

  1. Gangguan bipolar

Bipolar disorder adalah gangguan kejiwaan yang ditandai dengan pergantian suasana hati secara ekstrem.

periode suasana hati yang meningkat secara abnormal. Kondisi ini dikenal sebagai “mania”. Sebagian besar dari mereka yang menderita penyakit bipolar juga memiliki episode depresi berat. Siklus ini dapat menyebabkan perilaku impulsif, hiperaktif, dan bicara cepat.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Jenis Depresi Pada Seseorang Yang Perlu Ketahui“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110