Share this post

Jenis Penyakit Hepatitis dan Cara Pencegahannya Yang Perlu Diketahui – Sejauh apa kamu mengetahui penyakit hepatitis? Bagaimana cara mengenalinya sekaligus juga melakukan pencegahannya?

Sejak 2011, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bersama dengan seluruh lapisan pemerintah, rekanan, dan masyarakat dunia, telah menyelenggarakan kampanye Hari Hepatitis Dunia. Kampanye ini juga merupakan salah satu dari sembilan kampanye kesehatan tahunan andalan WHO untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang virus hepatitis.

Kalau kamu sendiri, sampai saat ini, seberapa jauh informasi yang kamu ketahui mengenai penyakit hepatitis? Hmmm… sudah banyak atau belum tahu sama sekali? Tenang, yuk kita cari tahu berbagai informasi lengkapnya bersama!

Sudah pasti tahu dong, pernyataan “lebih baik mencegah daripada mengobati” selalu relevan demi mendapatkan kehidupan yang sehat. Tapi, sebelum mencegah kita harus mengenali dahulu apa itu penyakit hepatitis dan berbagai jenisnya.

Lima Jenis Penyakit Hepatitis

Hingga kini, terdapat lima jenis penyakit hepatitis, yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Dengan perbedaan tersebut, tentu saja masing-masing penyakit hepatitis ini memiliki jalur penyebaran dan penularan yang berbeda-beda.

  1. Hepatitis A

Jenis penyakit hepatitis A adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV) yang dapat menyebabkan penyakit ringan hingga berat. Virus hepatitis A (HAV) ini sendiri ditularkan melalui konsumsi makanan dan air yang terkontaminasi atau melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Risiko infeksi hepatitis A dikaitkan dengan kurangnya air bersih, sanitasi, dan kebersihan yang kurang terjaga seperti kondisi tangan kotor. Cara paling efektif untuk memerangi penyakit ini adalah memastikan pasokan air yang aman, keamanan makanan, sanitasi yang lebih baik, dan menerapkan kebiasaan mencuci tangan.

  1. Hepatitis B

Virus ini paling umum ditularkan dari ibu ke anak selama kelahiran dan persalinan, serta melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh lainnya. Hepatitis B adalah infeksi hati yang berpotensi mengancam jiwa yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV).

Selain jalur penyebaran dan penularan di atas, hepatitis B juga ditularkan melalui cedera jarum suntik, tato, tindik, dan kontak langsung terhadap darah dan cairan tubuh dengan penderita, seperti air liur dan cairan menstruasi, hingga sperma.

  1. Hepatitis C

Berlanjut pada penyakit hepatitis C, jenis ini adalah penyebab utama kanker hati. Virus hepatitis C adalah virus yang ditularkan melalui darah yang umumnya terinfeksi melalui paparan sejumlah kecil darah. Risiko ini bisa terjadi melalui penggunaan narkoba dengan jarum suntik, praktik injeksi yang tidak aman, perawatan kesehatan yang tidak aman, transfusi darah yang tidak terjaga keamanannya, hingga praktik seksual yang tidak aman.

  1. Hepatitis D

Pada nomor dua, kita sudah bahas hepatitis B. Nah, virus hepatitis D (HDV) adalah virus yang membutuhkan virus hepatitis B (HBV) untuk replikasinya. Jadi, infeksi HDV hanya terjadi secara bersamaan atau sebagai super-infeksi dengan HBV. Singkatnya, pembawa HBV kronis berisiko terinfeksi HDV.

Virus ini paling umum ditularkan dari ibu ke anak selama kelahiran dan persalinan, serta melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh lainnya.

Selain itu, risiko juga lebih tinggi pada orang yang kebal terhadap HBV, penggunaan narkoba suntikan, orang yang melakukan aktivitas seksual yang tidak aman, juga risiko terhadap wisatawan yang pergi ke negara dengan prevalensi HDV tinggi.

  1. Hepatitis E

Jenis terakhir ini yaitu hepatitis E adalah penyakit hati yang disebabkan oleh infeksi virus yang dikenal sebagai virus hepatitis E (HEV). Kebanyakan kasus yang terjadi, virus ini ditularkan melalui air yang terkontaminasi pada daerah-daerah miskin sumber dayanya yang biasanya kondisi airnya sudah terkontaminasi atau persediaan air minum yang aman sangat minim.

Penyakit hepatitis E ini juga bisa berasal dari hewan, biasanya melalui konsumsi daging hewan yang kurang matang.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Jenis Penyakit Hepatitis dan Cara Pencegahannya Yang Perlu Diketahui“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

FEBRUARY 3, 2020

Strategi Melindungi Diri Dari...

Strategi Melindungi Diri Dari Risiko Hidup Secara Tepat –  Mengingat adanya...

0

FEBRUARY 2, 2020

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum...

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Asuransi Untuk Bayi – Daya tahan tubuh si...

0

FEBRUARY 1, 2020

Fakta Tentang Mikroplastik...

Fakta Tentang Mikroplastik Yang Sangat Membahayakan Tubuh – Mikroplastik adalah...

0

JANUARY 31, 2020

Meningkatkan Sistem Imun...

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Dengan Cepat, Begini Caranya – Kita seringkali...

0

JANUARY 30, 2020

Melakukan Perjalanan Jauh...

Melakukan Perjalanan Jauh Dengan Mobil? Yuk Persiapkan Ini Dulu – Sahabat satuters...

0

JANUARY 29, 2020

Waspada Virus Corona Dari...

Waspada Virus Corona Dari China, Ribuan Orang Telah Terinfeksi- Saat ini dunia telah di...

0
Call Now Button