Share this post

Jenis Penyakit Tumor Otak Dari Jinak Hingga Ganas – Tumor otak adalah pertumbuhan jaringan yang disebabkan oleh sel-sel tidak normal pada otak atau di sekitar otak. Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab tumor otak, tapi beberapa peneliti menduga bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor genetik dan paparan bahan kimia berbahaya.

Tumor di otak tidak selalu menyebabkan kanker, namun pada beberapa orang dapat menyebabkan kanker. Seseorang dapat mengalami tumor pada beberapa sel di otak atau karena kanker dari bagian tubuh lainnya menyebar ke otak (metastasis).

Tumor otak dibedakan menjadi jinak dan ganas. Tumor otak jinak cenderung berkembang lambat, tidak menyebar ke bagian otak lainnya serta tidak dapat kembali tumbuh jika ditangani dengan kemoterapi atau radioterapi secara tuntas. Sebaliknya, tumor otak ganas dapat kembali tumbuh dan menyebar dengan cepat, sehingga penanganan dengan pembedahan disertai kemoterapi dan radiologi diperlukan.

Jenis-jenis tumor otak

Meskipun terdapat jenis yang sangat banyak, beberapa jenis tumor otak lebih sering terjadi dibandingkan jenis tumor otak lainnya, hal tersebut di antaranya:

Glioma

Sebagian besar kasus tumor di otak yang paling sering terjadi adalah jenis glioma. Tumor ini tumbuh dan berkembang pada jaringan glia dan saraf tulang belakang.

Meningioma

Tumor ini menyerang jaringan selaput otak pada otak kecil dan otak besar. Meningioma lebih sering terjadi pada orang dewasa dengan jenis kelamin perempuan. Dalam sebagian besar kasus, tumor jenis ini tidak bersifat kanker.

Adenoma pituitari

Tumor jenis ini tumbuh dan berkembang pada permukaan kelenjar pituitari, yaitu suatu kelenjar yang berperan dalam mengatur aktivitas dan hormon seks. Adenoma pituitari memiliki tingkat keganasan yang rendah.

Tumor neuroma

Tumor dapat berasal dari pelindung serat saraf, baik di dalam tengkorak maupun pada tulang belakang. Meskipun pertumbuhan lambat dan cenderung tidak menyebar, jenis tumor ini dapat tumbuh kembali tanpa tindakan pembedahan.

Limfoma sistem saraf pusat

Tumor ini terjadi pada sistem limfatik yang terdiri dari nodus limfa. Jenis tumor ini sangat ganas, adanya jenis tumor merupakan pertanda pertumbuhan tumor lainnya pada otak. Biasanya terjadi pada lansia dan lebih banyak dialami oleh pria.

Craniopharyngioma

Terjadi pada area otak yang berdekatan dengan mata atau sekitar bagian bawah otak yang berdekatan dengan kelenjar pituitari. Biasa terjadi pada anak-anak dan lansia dan ditemukan dengan keganasan rendah.

Tumor kelenjar pineal

Jenis tumor ini bermula pada kelenjar pineal yang berdekatan dengan pusat otak dengan tingkat keganasan yang bervariasi. Tumor yang ganas berpotensi menyebar ke tulang belakang dan mengganggu sekresi hormon melatonin yang mengatur siklus terjaga dan tertidur.

Tumor metastasis

Tumor jenis ini berasal dari kanker primer yang berasal dari bagian tubuh lainnya, terutama paru, payudara, usus, ginjal, ataupun kulit. Sebagian besar penyebaran dapat menyerang otak besar namun juga berpotensi menyerang otak kecil dan batang otak.

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.

Related Post

JULY 7, 2019

Jenis Minuman Detoks,...

Jenis Minuman Detoks, Membersihkan Racun Dari Dalam Tubuh – Tanpa sadar, makanan...

0

JULY 5, 2019

Mitos Dibalik Penyakit...

Mitos Dibalik Penyakit Diabetes Yang Salah Kaprah – Saat ini ada begitu banyak...

0

JULY 4, 2019

Hindari Penyakit Degeneratif...

Hindari Penyakit Degeneratif Dengan Berpikir Positif – Penyakit degeneratif adalah...

0

JULY 2, 2019

Mengenal Level Investor Dalam...

Mengenal Level Investor Dalam Mengelola Keuangan Mereka – Pernahkah sahabat...

0

JULY 1, 2019

Apakah Asuransi Kesehatan...

Apakah Asuransi Kesehatan Dari Kantor Sudah Cukup? – Memiliki asuransi di zaman...

0

JUNE 30, 2019

Siapkah Menghadapi Kondisi...

Siapkah Menghadapi Kondisi Terburuk Dalam Hidup? Ialah penyakit kritis, dengan segala...

0