Categories
Asuransi Kesehatan Asuransi Umum Berita Terbaru

Kanker Payudara Pada Ibu Menyusui Berbahayakah?

Kanker payudara pada ibu menyusui berbahayakah? Asupan ASI bagi bayi sangat penting manfaatnya, akan tetapi bagaimana jika seorang ibu terkena kanker payudara, masih bolehkah si ibu menyusui?

Menurut pakar laktasi, dr. Utami Roesli, SpA, ibu yang terkena kanker payudara bisa saja menyusui bayinya, tetapi ada pertimbangan tertentu, ini dikarenakan kanker tersebut mungkin tidak berada di sel-sel produksi ASI.

Yang paling penting disini adalah si ibu tidak dalam pengobatan dengan obat untuk kankernya, karena bila si ibu dalam pengobatan, ditakutkan ASI yang mengalir didalam darah sudah tercampur dengan obat tersebut.

Baca juga : Jangan Remehkan Benjolan di Sekitar Payudara Anda

Selain itu pengobatan secara radiasi pun si ibu masih bisa menyusui, pengobatan kanker payudara lainnya seperti lumpektomi, juga tidak mempengaruhi kemampuan untuk menyusui.

Cara lain untuk menyusui bayi adalah dengan cara menyusui si bayi dari payudara yang sehat, atau dengan kata lain yang tidak terkena kanker payudara.

ASI untuk bayi berguna untuk anti body atau kekebalan alami pada si bayi, kanker tidak akan menular melalui ASI yang diminumnya.

Dan apabila si ibu terkena flu atau infeksi ringan lainnya, si bayi yang di susuinya pun tidak akan tertular, ini di karenakan kekebalan alami dari ASI si ibu.

Seorang ibu yang tahu pentingnya ASI bagi si buah hati, sudah tentu akan berusaha memberikan ASI esklusif  kepada si buah hatinya.

Kanker payudara menyerang siapa saja tidak memandang usia dan jenis kelamin, sebagai perempuan sudah semestinya memeriksakan payudara secara rutin, agar dapat mencegah kanker payudara secara dini.

Karena terjadinya penyakit kanker sangat sulit untuk diprediksi oleh kita sebagai orang awam

Konsultasikan juga kepada dokter mengenai kanker payudara tersebut, pasalnya fisik seorang ibu   yang terkena kanker payudara berbeda-beda.

Sebuah penyakit kita sendiri tidak akan tahu  kapan datangnya, penting sekali memiliki sebuah asuransi untuk diri kita pribadi maupun untuk orang-orang yang kita sayangi. Hubungi kami disini untuk bertanya-tanya tentang asuransi beserta preminya.

Terima kasih.