Share this post

Kelainan Pada Sel Darah atau Sindrom Myelodysplastic (MDS) – Sindrom myelodysplastic (MDS) terdiri dari kelompok kelainan sel induk hematopoietik ganas yang ditandai dengan produksi sel darah tinggi displastik dan tidak efektif dan risiko transformasi yang bervariasi terhadap leukemia akut. Sekelompok penyakit ini mempengaruhi produksi sel darah normal pada sumsum tulang belakang.

Dalam MDS, sumsum tulang menghasilkan sel darah abnormal dan tidak matang yang disebut sel blast. Sel-sel ini gagal matang dengan benar tidak dapat bekerja dengan baik. Sel tersebut sering mati sebelum meninggalkan sumsum, atau sesaat setelah mencapai aliran darah. Tanpa sel normal yang diproduksi oleh sumsum (sel darah merah, sel darah putih dan trombosit) orang yang menderita MDS akan merasa mudah lelah, lebih rentan terhadap infeksi, dan mudah berdarah atau memar.

Ada beberapa jenis MDS dan penyakitnya dapat bervariasi dalam tingkat keparahannya dan sejauh mana produksi sel darah normal terpengaruh. Sekitar 30% orang dengan MDS akan berkembang menjadi bentuk kanker yang disebut acute myeloid leukemia (AML). Hal ini kadang disebut sebagai penyakit pra-leukemia.

Progresi ke AML terjadi beberapa saat, dan kelangsungan hidup sangat bervariasi, dari kurang dari satu tahun sampai lebih dari 5 tahun. Faktor-faktor yang menimbulkan penyakit MDS adalah dikarenakan oleh terapi (radiasi atau obat-obatan terlarang) dikenal sebagai t-MDS dan memiliki prognosis yang sangat buruk.

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI, Plan Gold (Intermediate CI = 10 Kondisi) – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam Mengklaim Penyakit Kritis Yaitu

Myelodysplastic Syndrome atau Myelofibrosis

“Myelodysplastic syndrome atau myelofibrosis yang memerlukan transfusi darah secara rutin dan permanen untuk anemia yang parah dan berulang. Diagnosis Sindrom Myelodysplastic (MDS) atau Myelofibrosis harus dibuat berdasarkan hasil dari biopsi sumsum tulang oleh dokler ahli hematologi. Kondisi ini harus tidak dapat disembuhkan dan transfusi darah harus menjadi kebutuhan yang mutlak.”

Baca juga : Flexi CI (Rider) Proteksi Penyakit Kritis Secara Optimal

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

MAY 13, 2019

Penyakit Anemia Aplastik,...

Penyakit Anemia Aplastik, Menjadi Penyakit Yang Menakutkan di Dunia – Anemia...

0

MAY 11, 2019

Peradangan Pada Struktur...

Peradangan Pada Struktur Ginjal Akibat Penyakit Glomerulonefritis Kronis-...

0

MAY 10, 2019

Peradangan Kronis Pada Usus...

Peradangan Kronis Pada Usus Besar (Kolitis Ulseratif) – Kolitis Ulseratif adalah...

0

MAY 9, 2019

Peradangan Pada Usus (Crohn...

Peradangan Pada Usus (Crohn Kronis), Salah Satu Penyakit Langka – Penyakit Crohn...

0

MAY 7, 2019

Tindakan Transplantasi...

Tindakan Transplantasi Kornea, Akibat Jaringan Parut Pada Mata – Mata Anda memiliki...

0

MAY 6, 2019

 Transplantasi Usus Halus...

 Transplantasi Usus Halus Akibat Suatu Penyakit Serius – Usus halus merupakan...

0