Share this post

Kenali Sindrom Einsenmenger Ringan Pada Bayi – Sindrom Einsenmenger merupakan komplikasi yang cukup serius akibat kelainan jantung bawaan, di mana jantung akan memompa darah yang miskinoksigen ke seluruh tubuh. Sekitar 1 dari 110 bayi diduga menderita kelainan jantung bawaan sejak lahir. Apabila tidak ditangani sebelum anak menginjak usia 2 tahun, kelainan ini akan menimbulkan gangguan sirkulasi pada tubuh, yangdisebut sindrom Eisenmenger.

Jantung manusia dibagi menjadi 4 sekat, dua di kanan dan dua di kiri. Jantung kanan berfungsi memompa darah menuju paru. Di paru-paru, darah tersebut akan diperkaya oleh oksigen, yang kemudian akan dialirkan ke jantung sebelah kiri. Jantung sebelah kiri inilah yang nantinya bertugas memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah aorta.

Ketika terjadi kelainan, misalnya terdapat lubang di antara jantung kanan dan kiri, darah dari jantung kiri akan ikut mengalir masuk ke jantung kanan. Hal ini dikarenakan jantung kiri memiliki tekanan yang lebih tinggi dibandingkan jantung kanan. Pada akhirnya, darah akan menumpuk di dalam paru-paru dan merusak pembuluh darah di dalamnya.

Tumpukan darah di paru-paru ini lama kelamaan akan menyebabkan peningkatan tekanan di paru, sehingga aliran darah akan berbalik dari jantung kanan menuju jantung kiri. Akibatnya, darah yang kaya oksigen akan bercampur dengan darah kotor (darah yang belum masuk ke paru-paru) untuk kemudian dipompa ke seluruh tubuh. Pada akhirnya, organ dan jaringan tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup dan hal ini akan mengakibatkan suatu kondisi yang mengancam nyawa.

Kelainan sindrom Eisenmenger biasanya sudah mulai terlihat saat penderita berumur 2 tahun atau lebih. Namun gejala tidak selalu muncul sepenuhnya dan mungkin akan memerlukan waktu bertahun-tahun hingga dirasakan penderita. Umumnya, penderita mulai merasakannya pada saat beranjak remaja atau dewasa. Sindrom Eisenmenger juga berisiko dialami oleh pasien yang menjalani operasi kelainan jantung atau oleh orang-orang yang memiliki penyakit yang berkaitan dengan jantung yang tidak dipantau dan ditangani dengan tepat.

Dikarenakan penyebab utama sindrom Eisenmenger adalah kelainan jantung saat lahir, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan dini. Selain itu, pemeriksaan juga dianjurkan jika Anda memiliki anggota keluarga dengan kasus yang sama atau dengan kelainan jantung lainnya.

Gejala

Selain itu, adapun serangkaian gejala yang mungkin akan dirasakan atau terlihat setelah beberapa kurun waktu, seperti:

  1. Jari tangan atau kaki membesar dan mengepal (clubbing).
  2. Irama jantung tidak teratur atau berdebar-debar (palpitasi).
  3. Cepat merasa lelah saat melakukan aktivitas.
  4. Napas tersengal-sengal saat beristirahat.
  5. Dada terasa sesak atau
  6. Batuk darah.
  7. Pusing.
  8. Sakit kepala.
  9. Pingsan.
  10. Merasakan sensasi geli atau mati rasa pada jarikaki atau tangan.
  11. Perut membengkak.
  12. Berat badan meningkat.

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI Gold – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Sindrom Eisenmenger Ringan.

Sindrom Eisenmenger Ringan

“Sindrome Eisenmeger merujuk kepada terjadinya aliran terbalik atau dua arah sebagai akibat dari hipertensi pulmonal, yang disebabkan oleh gangguan jantung.

Semua kriteria di bawah ini harus terpenuhi :

  • Adanya cacat fisik permanen yang diklasifikasikan sebagai NYHA IV (Asosiasi Jantung New York Kelas IV) dan 
  • Diagnosis Sindrom Eisenmeger dan tingkat cacat fisiknya harus ditegakkan oleh dokter spesialis jantung.”

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

MAY 13, 2019

Penyakit Anemia Aplastik,...

Penyakit Anemia Aplastik, Menjadi Penyakit Yang Menakutkan di Dunia – Anemia...

0

MAY 12, 2019

Sistem Kekebalan Tubuh Yang...

Sistem Kekebalan Tubuh Yang Menyerang Hati, Hepatitis Autoimun Kronis Tahap Awal –...

0

MAY 11, 2019

Peradangan Pada Struktur...

Peradangan Pada Struktur Ginjal Akibat Penyakit Glomerulonefritis Kronis-...

0

MAY 10, 2019

Peradangan Kronis Pada Usus...

Peradangan Kronis Pada Usus Besar (Kolitis Ulseratif) – Kolitis Ulseratif adalah...

0

MAY 9, 2019

Peradangan Pada Usus (Crohn...

Peradangan Pada Usus (Crohn Kronis), Salah Satu Penyakit Langka – Penyakit Crohn...

0

MAY 8, 2019

Penyakit Langka Menyerang...

Penyakit Langka Menyerang Saraf Motoris (Bulbar Palsy Progressive) – Bulbar Palsy...

0