Categories
Berita Asuransi Berita Terbaru Info Asuransi

Klaim Asuransi Ditolak, Inilah Faktor Penyebabnya!

Klaim Asuransi – Memiliki asuransi merupakan hal yang sangat penting dalam hidup, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun seringkali dalam hal mengurus klaim asuransi menjadi momok tersendiri bagi pemegang polis. Tidak sedikit pula yang menjadikan hal tersebut sebagai salah satu keengganan dalam membeli polis.

Bagi sahabat satuters yang mempunyai rencana untuk membeli asuransi sebaiknya perhatikan dahulu prosedurnya jangan sampai mengalami kesulitan dalam mengurus klaim atau ditolak oleh pihak asuransi.

Serta harus mempunyai komunikasi yang baik dengan agen asuransi, agar kedepannya jika tidak mengerti bisa menanyakan lebih jelas hingga benar-benar mengerti.

Jadi bukan pihak asuransi yang tidak mau membayar klaim tersebut, namun terkadang tanpa disadari kamu kurang mengerti dengan syarat apa saja yang dibutuhkan untuk mengurus klaim.

Berikut ini adalah alasan mengapa klaim asuransi kamu ditolak :

1. Polis Sudah Tidak Aktf (Lapse)

Nah, biasanya apabila polis tidak aktif itu dikarenakan beberapa keadaan. Misalnya pembayaran premi yang jatuh tempo karena telah melewati masa tenggang. Maka pihak asuransi tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang dialami pemegang polis, walaupun termasuk dalam perjanjian polis.

2. Klaim Yang Tidak Tercakup Dalam Perjanjian

Isi dari polis asuransi adalah kesepakatan yang meliputi kriteria-kriteria yang telah masuk dan tidak masuk dalam tanggungan asuransi. Misalkan saja dalam kasus asuransi mobil TLO (Total Loss Only), yaitu kondisi mobil yang rusak berat. Namun rusak berat dalam hal ini tidaklah sama antara asuransi satu dengan yang lainnya.

Jadi bisa saja 60%-65% bahkan 70% itulah penyedia asuransi yang tidak mau menanggung pembiayaan kerusakan jika tidak sampai perhitungan yang telah disepakati sebelumnya.

3. Dokumen Untuk Klaim  Asuransi Tidak lengkap

Saat peserta asuransi ingin mengajukan klaim asuransi sebaiknya ketahui dahulu dokumen apa saja yang harus dipersiapkan. Satu dokumen saja yang tidak lengkap maka pihak asuransi akan menolak klaimnya.

Misalnya saja asuransi jiwa. Nah, biasanya peserta asuransi harus mempersiapkan surat keterangan dari dokter dan diharuskan untuk mengisi formulir klaim tersebut. Dan pastikan kamu mengisinya secara jujur dan jelas karena pihak asuransi akan melakukan pengecekan ulang. Jika ada beberapa point saja kamu berbohong maka pihak asuransi tidak akan mengeluarkannya.

4. Penyakit Sudah Ada Sebelum Membeli Polis

Ketika membeli polis pastikan kondisi sedang sehat. Pemilik polis akan ditolak klaimnya karena telah menyembunyikan penyakit yang sudah dialami sejak lama sebelum membeli polis. Jadi sebaiknya ketahui dahulu bagaimana Cara Klaim Asuransi Kesehatan Allianz Yang Benar

5. Melanggar Hukum

Jika pemegang polis asuransi melanggar hukum maka akan membuat klaimnya ditolak.  Misalkan saja, pemegang asuransi mobil all risk lalu mengalami kecelakaan karena ugal-ugalan atau melanggar lalu lintas maka orang tersebut tidak bisa mengajukan klaim.