Categories
Berita Terbaru Kesehatan

Manfaat Berjalan Kaki Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Manfaat Berjalan Kaki Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan – Bangun di pagi hari merupakan awal yang sangat baik untuk memulai hidup sehat. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan berolahraga di pagi hari. Berjalan kaki adalah jenis olaharaga yang sangat sederhana, siapa pun dapat melakukannya. Olahraga yang dianggap sepele ini ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seseorang. Apalagi dilakukan dengan cara rutin.

Memang banyak sekali pakar kesehatan di berbagai negara yang menganjurkan untuk mengambil olah raga jalan kaki sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan yang mudah dan murah. Adapun durasi yang dianjurkan adalah sekitar 30 menit, dengan frekuensi antara 4-5 kali dalam seminggu. Berikut ini manfaat dari berjalan kaki yang telah satuterpenting rangkum dari berbagai sumber :

Menjaga kesehatan jantung

Jalan kaki juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurang olahraga bisa membuat tubuh Anda lemas dan mudah terkena penyakit. Menurut para dokter, cobalah sempatkan diri untuk jalan kaki setidaknya selama 30 menit. Jalan kaki dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berguna melawan infeksi. Dengan sistem kekebalan tubuh yang terjaga dengan baik maka produktivitas dapat meningkat.

Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis disebabkan oleh adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah. Dengan berjalan kaki, Anda dapat membangun dan mempertahankan kesehatan tulang.

Menurunkan berat badan
Dengan berjalan cepat selama 30 menit, Anda bisa membakar setidaknya 150 kalori per hari. Semakin cepat langkah kaki Anda, semakin banyak kalori yang terbakar. Namun, berjalan kaki saja tidak cukup. Anda juga perlu menunjangnya dengan pola makan sehat.

Mencegah stroke

Jalan pagi membantu menjaga jantung tetap kuat dan sehat. Berjalan cepat selama setengah jam lima kali seminggu membantu dalam menurunkan risiko stroke. Selain itu, berjalan di pagi hari juga dapat membantu pemulihan bagi orang yang mengalami stroke.

Menguatkan Daya Ingat dan Menekan Risiko Demensia

Demensia adalah kondisi neurologis yang ditandai oleh berkurangnya daya ingat dan berbagai fungsi kognitif lainnya secara bertahap. Kondisi ini mampu menempatkan penderitanya pada penurunan fungsi tubuh yang membuatnya menjadi bergantung pada orang lain untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Untuk menekan risikonya, maka lakukan beragam cara mulai dari menjaga pola makan yang sehat, melatih otak secara berkala dan tentunya dengan berjalan kaki atau berolahraga secara teratur.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Manfaat Berjalan Kaki Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak .Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811