Categories
Berita Terbaru Kesehatan

Manfaat dan Efek Samping Kopi Jika Di Konsumsi Setiap Hari

Manfaat dan Efek Samping Kopi Jika Di Konsumsi Setiap Hari – Apakah sahabat satuters penggemar kopi? Kopi merupakan jenis minuman yang disukai oleh kalangan berusia muda hingga tua di seluruh dunia. Meskipun memiliki rasa yang pahit, kopi umumnya tetap terasa enak di lidah dan dipercaya dapat membuat tubuh terjaga untuk melakukan aktivitas.

Meskipun populer, kopi merupakan jenis minuman yang memiliki pro dan kontra untuk dikonsumsi secara rutin. Kopi yang dikonsumsi secara berkala dapat membantu menjaga kesehatan, namun bila dilakukan berlebihan dapat menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh.

Bagi anda yang masih baru menjadi peminum kopi maupun sudah menikmati kopi secara rutin, sebaiknya mengenali terlebih dahu manfaat dan bahaya kopi secara umum.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini merupakan manfaat kopi untuk kesehatan tubuh :

  1. Mencegah Penyakit Berat

Kopi ternyata memiliki manfaat dalam mengurangi risiko terkena berbagai penyakit berat, seperti diabetes tipe 2 dan kanker. Selain itu, kopi juga berguna untuk mengurangi risko penyakit yang menyerang otak, seperti alzheimer yang dapat berujung pada penyakit dementia.

  1. Sumber Antioksidan

Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi penyakit serta menghambat terjadinya kerusakan sel dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada kopi ditengarai lebih tinggi dibandingkan dengan buah dan sayur-sayuran.

  1. Menurunkan Stres

Kandungan kafein di dalam kopi membantu meredakan sakit yang dialami kepala dan menurunkan tingkat stres. Itulah sebabnya mengapa banyak orang cenderung minum kopi saat akan menghadapi momen penting seperti meeting kantor yang penting. Minum kopi secara teratur juga menyebabkan seseorang menjadi lebih bahagia karena turunnya tingkat stres.

 

Bahaya Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini merupakan bahaya kopi untuk kesehatan tubuh :

  1. Gangguan Pencernaan

Bila kamu minum kopi terlalu banyak, maka saluran pencernaan Anda berpotensi terkena masalah. Kafein yang terlalu banyak dikonsumsi dapat menyebabkan penyakit diare, meningkatkan asam lambung, serta iritasi pada usus. Risiko gangguan pencernaan akan semakin tinggi jika Anda gemar minum kopi saat perut dalam keadaan kosong.

  1. Insomnia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kopi umum dikonsumsi untuk membuat Anda menjadi lebih terjaga. Minum kopi terlalu banyak dapat membuat Anda kesulitan untuk tidur dan menyebabkan penyakit insomnia. Usahakan untuk mengurangi minum kopi pada jam malam menjelang tidur.

  1. Risiko Penyakit Jantung

Meskipun minum kopi secukupnya berguna untuk menurunkan risiko banyak penyakit berat, minum kopi berlebihan justru dapat membuat efek tersebut berbalik menyerang tubuh Anda. Kafein yang dikonsumsi terlalu banyak justru membuat jantung Anda sering berdetak kencang dan tidak teratur, sehingga berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Manfaat dan Efek Samping Kopi Jika Di Konsumsi Setiap Hari“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110