Categories
Tips Satuterpenting

Masa Pensiun Bebas Khawatir Jika Kamu Persiapkan Ini Dari Awal

Masa Pensiun Bebas Khawatir Jika Kamu Persiapkan Ini Dari Awal – Masa pensiun adalah masa menikmati hidup, sambil bersantai menjalani hari dengan ketenangan dan kenyamanan. Setelah sekian puluh tahun bekerja untuk mendapatkan penghasilan demi hidup yang layak di masa depan. Tentunya hal ini adalah impian bagi semua orang.

Namun, pernahkah sahabat satuters memikirkan bagaimana cara untuk bisa mendapatkan ketenangan dan bebas khawatir di masa pensiun nantinya? Faktanya banyak anak muda yang tidak memikirkan hal ini untuk masa pensiunnya. Mereka hanya memikirkan kehidupan saat ini, menghabiskan uang untuk keinginan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Tahukah sahabat satuters, bahwa untuk mewujudkan masa pensiun yang nyaman dan bebas khawatir, dibutuhkan perencanaan yang matang terutama soal keuangan dan memastikan rencana tersebut sudah di perhitungkan dengan baik dari segi inflasinya dan biaya kesehatan.

Nah, kali ini satuterpenting akan memberikan tips agar masa pensiun sahabat satuters nantinya bebas khawatir dan dapat menikmati hari demi hari dengan nyaman dan tenang tanpa merasa kekurangan uang sedikit pun. Namun, semua itu harus di mulai dari sekarang jangan tunggu nanti-nanti ya sahabat satuters, selagi masih muda. Lalu apa saja tipsya? Berikut penjelasannya :

  1. Perencanaan sejak dini

Kesadaran di usia muda untuk mempersiapkan dana pensiun sejak dini merupakan hal yang penting. Pasalnya banyak orang melakukan kesalahan saat masih muda yaitu telat dalam merencanakan masa pensiun yang lebih baik. Kebanyakan dari mereka juga, baru memikirkannya saat masa pensiun sudah semakin dekat. Dan tentunya hal ini terlalu singkat dan tidak maksimal untuk membuat perencanaan masa pensiun bukan?

Selagi masih muda, maka sahabat satuters dapat memperhitungkan berapa banyak uang yang dapat di tabung, seberapa banyak pengeluaran dan berapa besar penghasilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih nyaman di masa pensiun nantinya.

  1. Menabung sedini mungkin

Dengan menabung sedini mungkin, maka sahabat satuters akan semakin banyak memiliki waktu untuk berkembang. Di usia muda tentunya belum banyak beban pengeluaran, maka menabunglah sebanyak yang sahabat satuters bisa.

Ketika menabung sebaiknya menabung sebesar 10% hingga 15% dari pendapatan ya.  Apabila sahabat satutes memiliki bonus, THR, komisi dan penghasilan lainnya, sebaiknya alokasikan ke tabungan jangan dihabiskan begitu saja.

  1. Investasi uang

Tidak hanya menabung, sahabat satuters bisa mengalokasikan penghasilan instrument investasi seperti properti, emas dan lainnya. Pilihlah investasi yang sesuai dengan profil risiko sahabat satutrers ya dan usahakan juga memilih investasi yang sifatnya jangka panjang.

  1. Lunasi semua utang sebelum pensiun

Ketika memasuki masa pensiun, mungkin sahabat satuters tidak memiliki penghasilan yang tetap seperti waktu muda dahulu. Maka dari itu sebelum memasuki masa pensiun sebaiknya sahabat satuters wajib melunasi semua utang tersebut. Jangan sampai dana pensiun yang sahabat satuters kumpulkan sejak lama habis digunakan untuk mencicil utang.

  1. Menciptakan kebiasaan baik

Agar di masa pensiun sahabat satuters terasa nyaman. Maka sahabat satuters perlu menciptakan kebiasaan yang baik tentang keuangan sejak masih muda. Caranya yaitu dengan mengontrol pengeluaran dengan sebaik mungkin. Sahabat satuters hanya perlu membiasakan diri untuk membuat rencana pengeluaran dan mematuhinya. Sehingga dana pensiun yang sahabat satuters kumpulkan sejak lama dapat digunakan sesuai dengan rencana yang telah  di buat.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Masa Pensiun Bebas Khawatir Jika Kamu Persiapkan Ini Dari Awal”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110