Categories
Tips Satuterpenting

Melek Keuangan, Kenali Tandanya Dan Apakah Kamu Sudah Termasuk?

Melek Keuangan, Kenali Tandanya Dan Apakah Kamu Sudah Termasuk? – Jika kita berbicara mengenai melek keuangan, tentunya masih banyak orang yang belum menyadarinya. Padahal jika seseorang sudah melek keuangan tentu dirinya dapat mengelola keuangannya dengan baik.

Melek keuangan atau literasi keuangan adalah sebuah pengetahuan keterampilan dan keyakinan seseorang yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku dirinya untuk mengambil keputusan secara bijak serta pengelolaan keuangan untuk mencapai kesejahteraan finansial.

Lalu apa saja tanda-tanda seseorang sudah melek keuangan? Berikut penjelasannya :

  1. Memiliki tabungan

Dengan menyisihkan penghasilan untuk di tabung, merupakan salah satu ciri seseorang sudah melek keuangan. Sebab dirinya telah sadar jika menabung merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus di lakukan jika ingin kondisi keuangannya baik. Tabungan bisa digunakan sebagai cara seseorang menggunakan uang secara bijak.

  1. Berinvestasi

Mereka yang sudah sadar mengenai pentingnya pengelolaan keuangan, sangat memahami bahwa semakin muda mereka berinvestasi, maka akan semakin besar pula uang yang di dapat di hari tua. Perlu sahabat satuters ingat juga, bahwa investasi ini banyak jenisnya dan tidak melulu tentang aset. Sebab ilmu, keahlian dan perbuatan baik juga bisa di sebut investasi ya.

  1. Memiliki asuransi

Setiap orang tidak ada yang tahu, apa yang akan terjadi di masa depan, apakah akan sehat-sehat saja atau terjadi risiko sakit bahkan tiba-tiba meninggal. Tentunya semua ini akan di alami oleh setiap orang. Terutama orang yang sudah melek keuangan akan mengerti betul bahwa dirinya tidak akan mau keuangan hingga keluarganya mengalami masalah apabila dirinya sudah tidak bisa lagi bekerja bahkan harus membayar biaya kesehatan yang cukup besar karena risiko sakit yang di deritanya. Maka  dari itu dengan memiliki asuransi sangatlah penting untuk mengatasi masalah ini.

  1. Memiliki perencanaan keuangan yang jelas

Melek keuangan akan membuat dirinya memiliki tujuan keuangan yang jelas. Maka dari itu biasanya dengan tujuan tersebut seseorang akan memiliki sebuah catatan pengeluaran dan pemasukan dengan tujuan agar pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan. Menerapkan hidup hemat juga menjadi salah satu prinsip yang harus di jaga dan dilakukan setiap harinya agar tujuan bisa tercapai di masa depan.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Melek Keuangan, Kenali Tandanya Dan Apakah Kamu Sudah Termasuk? ”,Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110