Share this post

Membeli Rumah Impian Dengan Menggunakan 5 Jenis Investasi Ini – Setiap orang tentu punya rumah ideal yang mereka impikan. Apalagi dengan semakin lengkapnya fasilitas yang kini banyak ditawarkan oleh developer properti, semakin banyak juga alternatif rumah ideal yang bisa dipilih. Belum lagi jika mengingat harga rumah yang akan terus naik setiap tahunnya, itu membuat membeli rumah menjadi salah satu bentuk investasi yang menguntungkan.

Namun tentu saja membeli rumah bukan suatu hal yang sederhana. Bahkan, harga properti yang terus tumbuh juga membuat Anda harus memiliki strategi tersendiri agar Anda bisa segera membeli rumah impian Anda.

Menabung adalah salah satu langkah cermat yang wajib Anda lakukan sebagai persiapan untuk memiliki rumah idaman. Namun, akan lebih efektif jika sebagian pendapatan Anda dialokasikan untuk investasi. Sehingga, uang tersebut akan bisa tumbuh dan bisa memperkuat modal Anda untuk membeli rumah.

Ini dia beberapa strategi investasi yang perlu Anda kenali agar rumah impian Anda bisa lekas terbeli:1

1. Investasi Emas

Emas adalah salah satu jenis investasi yang sedang digemari di Indonesia. Hal ini mungkin disebabkan karena emas adalah aset likuid, sehingga mudah untuk dijual sewaktu-waktu. Selain itu, sejauh ini fluktuasi harga emas pun relatif stabil. Bahkan cenderung terus naik setiap tahunnya.

Investasi jenis ini cocok jika Anda ingin membeli rumah dalam 4-6 tahun ke depan. Meskipun terhitung jenis investasi dengan risiko minim, investasi emas akan cukup merepotkan untuk dilakukan dalam jumlah yang besar.

2. Deposito

Jika Anda lebih tertarik jenis investasi jangka pendek, Anda bisa membuka deposito di bank yang Anda percayai. Untuk membuka deposito, prosedurnya tidak jauh berbeda dengan membuka tabungan di bank. Namun minimal setoran awal yang diperlukan dana cukup besar, yaitu sekitar Rp5.000.000.

Deposito memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Itu artinya, semakin lama ataupun semakin besar Anda mendepositokan uang, maka semakin banyak juga bunga yang akan didapatkan dari hasil deposito.

Kekurangan deposito adalah Anda hanya bisa mencairkan uang Anda sesuai jangka waktu yang sudah disepakati. Jika Anda memilih untuk mencairkan dana deposito Anda sebelum tenggat waktu yang ditentukan, Anda akan dikenakan sejumlah pinalti yang tentunya cukup merugikan.

3. Saham

Jenis investasi jangka pendek lain yang sekarang sedang ramai digunakan orang-orang adalah membeli saham. Saham adalah bukti penyertaan atau kepemilikan seseorang di dalam suatu perusahaan. Jika Anda memiliki saham, maka sudah bisa disebut sebagai salah satu pemilik perusahaan, tergantung seberapa besar porsi kepemilikannya.

Wujud saham sendiri berupa selembar kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan dan menyatakan bahwa pemilik kertas yang namanya tercantum dalam surat tersebut adalah pemilik perusahaan sesuai dengan porsi yang disepakati. Jika perusahaan tersebut sehat, maka nilai saham yang kamu miliki akan ikut tumbuh, dan bisa kamu jual dengan laba yang cukup besar.

Investasi ini memiliki risiko yang cukup tinggi, namun jika dilakukan dengan cermat bisa memberikan laba yang cukup besar. Itu artinya, jika Anda sukses, peluang Anda untuk segera membeli rumah semakin besar.

4. Reksa Dana

Reksa Dana adalah salah satu cara berinvestasi yang cukup mudah dan menjanjikan. Nantinya, Anda akan membayarkan sejumlah uang kepada sebuah institusi profesional. Uang itu nantinya akan dikelola oleh seorang Manajer Investasi yang akan membagi uang Anda ke beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Institusi yang mengelola uang Anda akan menggabungkan uang Anda dengan investor lain, sehingga Anda tidak perlu memulai investasi dengan dana yang besar. Saat ini, bahkan cukup dengan seratus ribu Rupiah Anda sudah dapat mulai berinvestasi di reksa dana.

Selain itu, karena reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi yang memang ahli dan professional di bidang investasi, maka Anda dapat berinvestasi walau sebelumnya tidak memiliki pengalaman.

5. Asuransi Unit Link

Bisa dibilang, asuransi unit link adalah jenis asuransi hybird. Premi yang Anda setorkan pada perusahaan asuransi tidak hanya digunakan oleh pihak perusahaan untuk memproteksi Anda, namun sebagian akan diputar ke beberapa pilihan investasi yang bisa menguntungkan Anda. Singkatnya, Anda mendapat manfaat ganda dalam waktu yang sama.

Perlu diingat, kesehatan juga merupakan investasi yang sangat berharga. Tanpa adanya kesehatan, proses bekerja Anda akan terganggu dan bahkan bisa mempengaruhi pendapatan Anda. Akan sangat membantu apabila Anda memiliki asuransi jiwa yang bisa menjamin kebutuhan Anda tetap tercukupi apabila ada hal buruk yang menimpa Anda, sehingga Anda tidak perlu sampai menggunakan uang tabungan.

Apalagi jika pada akhirnya Anda juga mendapat laba hasil investasi yang dikelola oleh pihak asuransi. Tentunya asuransi unit link termasuk salah satu strategi investasi yang layak diperhitungkan apabila Anda sedang mempersiapkan membeli rumah dalam jangka panjang.

Itu tadi beberapa strategi investasi yang tepat agar keinginan membeli rumah bisa segera terwujud. Dengan konsisten menabung, ditambah dengan hasil keuntungan dari investasi, tentunya secara finansial Anda akan semakin cepat siap memiliki  rumah idaman yang tepat bagi Anda dan keluarga.

Tentu langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah mempelajari secara detail skema produk investasi yang akan dipilih. Cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya, serta sesuaikan dengan kemampuan finansial yang Anda miliki saat ini.

Meskipun menjanjikan, setiap investasi tetap memiliki risiko masing-masing. Jadi, cermatlah memilih jenis investasi yang sesuai kemampuan Anda, agar Anda bisa mendapatkan hasilnya.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Membeli Rumah Impian Dengan Menggunakan 5 Jenis Investasi Ini“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

NOVEMBER 11, 2019

Sering Sakit Punggung? Segera...

Sering Sakit Punggung? Segera Lakukan Cara Sederhana Ini – Apakah Anda pernah...

0

NOVEMBER 10, 2019

Cara Menentukan Skala...

Cara Menentukan Skala Prioritas Perencanaan Keuangan Dengan Baik – Pernahkah Anda...

0

NOVEMBER 9, 2019

Umur Semakin Bertambah Namun...

Umur Semakin Bertambah Namun Uang Masih Pas-pasan – Mengatur keuangan adalah hal...

0

NOVEMBER 8, 2019

Mengenal Problematika...

Mengenal Problematika Kemapanan, Kamu Wajib Tahu! – Umumnya orang berpikir bahwa...

0

NOVEMBER 7, 2019

Polis Asuransi Ada Tapi Lupa...

Polis Asuransi Ada Tapi Lupa Manfaatnya, Ini Yang Harus Di Lakukan – Bagi sebagian...

0

NOVEMBER 6, 2019

Dana Darurat Telah Habis? Apa...

Dana Darurat Telah Habis? Apa Yang Harus Di Lakukan? – Akhirnya Anda menggunakan...

0
Call Now Button