Categories
Berita Terbaru Kesehatan

Menatap Layar Komputer Cukup Lama? Akibat Mata Menjadi Lelah

Menatap Layar Komputer Cukup Lama? Akibat Mata Menjadi Lelah – Sahabat satuters, berapa jamkah yang Anda habiskan setiap harinya menatap layar gadget seperti laptop dan smartphone? Di jaman teknologi canggih seperti sekarang, beraktivitas dengan gadget dalam waktu lama merupakan hal lumrah. Baik pekerja kantoran, mahasiswa, maupun pekerja lepas, sulit untuk tidak menatap layar gadget sehari-harinya.

Aktivitas menatap layar ini dapat menyebabkan leher menjadi kaku dan mata lelah serta kering. Dalam jangka pendek, gangguan tersebut memang tidak memiliki dampak serius. Namun, bila dibiarkan terus menerus maka Anda berpotensi mengalami gangguan yang lebih serius, misalnya penyakit mata merah.

Anda perlu meningkatkan kesadaran diri untuk menyegarkan mata lelah dan menjaga kesehatan mata. Berikut penjelasannya :

1. Atur Pencahayaan

Ada dua tipe pencahayaan yang perlu Anda atur. Untuk pencahayaan ruangan, Anda perlu mengatur agar cahaya di ruangan tidak terlalu terang maupun tidak terlalu gelap. Lalu, Anda juga perlu mengatur tingkat pencahayaan dari layar gadget agar tidak terlalu terang karena dapat cepat membuat mata lelah. Anda dapat memasang layar anti-glare pada monitor untuk menjaga tingkat pencahayaan.

2. Atur Kontras

Anda perlu menyesuaikan kontras pada layar monitor. Tingkat kenyamanan kontras layar dapat berbeda-beda pada setiap orang, namun usahakan agar tidak terlalu tinggi. Bila memungkinkan, atur juga color temperature pada layar karena mempengaruhi spektrum cahaya yang dipancarkan oleh layar.

3. Atur Meja dan Kursi

Pengaturan meja dan kursi duduk Anda juga perlu diperhatikan. Atur agar Anda dapat duduk di kursi dengan nyaman dan tegap menghadap ke arah layar monitor dengan jarak sekitar 50 hingga 60 cm. Bila Anda menggunakan lampu meja, jangan biarkan cahayanya menghadap ke monitor atau wajah Anda secara langsung.

4. Olahraga Mata

Anda juga dapat melakukan olahraga mata untuk membuat mata menjadi lebih rileks. Setiap 20 menit, lepaskan tatapan dari layar selama 20 detik untuk melihat suatu objek di kejauhan. Dengan melihat jarak jauh, otot mata menjadi lebih lemas dan mengurangi kelelahan pada mata.

5. Pejamkan Mata

Bila Anda merasa cara-cara di atas masih kurang ampuh, maka Anda juga dapat mencoba cara yang sangat mudah ini: Pejamkan mata sesaat. Tutup mata selama beberapa menit setiap satu jam sekali agar mata menjadi lebih rileks. Bila perlu, Anda dapat berdiri dan jalan-jalan di tempat selama beberapa menit untuk benar-benar mengistirahatkan mata sekaligus diri sendiri.

Demikianlah beberapa tips menyegarkan mata lelah yang dapat Anda lakukan sehari-hari. Selain melakukan tips di atas, jangan lupa untuk tidur yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan mata.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentangMenatap Layar Komputer Cukup Lama? Akibat Mata Menjadi Lelah. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.