Categories
Kesehatan Tips Asuransi

Mencegah Obesitas Dengan Mudah, Terapkan Tips Ini

Mencegah Obesitas Dengan Mudah, Terapkan Tips Ini – Memiliki berat badan berlebih atau obesitas menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi banyak orang. Bisa dibilang, obesitas tidak baik untuk kesehatan karena dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, jantung, kanker, dan lain sebagainya.

Obesitas juga membatasi ruang gerak sehari-hari Anda. Untuk menghindari segala risiko di atas, yuk lakukan pencegahan obesitas dengan cara berikut ini agar tubuh lebih sehat.

Melakukan Olahraga dan Aktif Bergerak 

Pencegahan obesitas bisa dilakukan dengan melakukan olahraga secara rutin. Kebiasaan baik ini sangat membantu untuk meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, menurunkan kadar gula darah, dan menjaga berat badan sehat. Biasakanlah untuk melakukan olahraga minimal 30 menit setiap harinya.

Selain itu, perlu dibiasakan juga untuk lebih sering aktif dan bergerak. Sebisa mungkin kurangi terlalu banyak main gadget, menonton TV, atau kegiatan lain yang membuat Anda lama kurang gerak selama berjam-jam apalagi jika sambil mengonsumsi camilan. Kebiasaan-kebiasaan ini memang bikin nyaman tapi jika terlalu sering dilakukan bisa memicu kenaikan berat badan.

Anda bisa jalan-jalan dengan teman atau pasangan, melakukan hobi baru, perawatan diri, membersihkan rumah, biasakan juga untuk memilih naik turun tangga daripada naik lift atau berjalan ke toko.atau kegiatan lainnya.  Intinya buatlah diri Anda tidak lama-lama berdiam diri.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup diperlukan sebagai langkah untuk pencegahan obesitas. Minuman yang satu ini cenderung lebih sehat karena tidak mengandung gula daripada minuman lainnya seperti jus buah kemasan, soda, minuman berenergi, dan minuman manis lainnya.

Mudah saja untuk membiasakan diri mengonsumsi air putih setiap hari. Usahakan mengonsumsi air putih tiap satu jam sekali. Perlu juga menyediakan air minum di meja kerja atau di kamar tidur. Selain itu, jika keluar rumah biasakan untuk membawa botol minum sendiri ke mana pun Anda pergi.

Atur Pola Makan 

Jika berat badan sudah merasa berlebih tentu Anda harus melakukan diet untuk orang obesitas. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membiasakan diri makan saat sedang lapar saja. Hindari pula untuk membiasakan makan sekaligus banyak. Anda bisa makan sedikit tapi sering. Bila makan terlalu banyak malah akan membuat perut begah, gula darah naik, dan membuat berat badan naik. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter jika dirasa berat badan Anda belum masuk dalam kategori normal.

Mengonsumsi Buah dan Sayuran dan Hindari Makanan ‘Jahat’

Salah satu upaya untuk melakukan pencegahan obesitas adalah dengan memperbanyak mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Sesekali mengonsumsi daging, tidak masalah asal jangan berlebihan dan terlalu sering. Batasi makanan yang menyebab obesitas seperti yang mengandung bergula tinggi dan siap saji atau kalengan. Penuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak baik, protein, serat, vitamin dan mineral.

Buah dan sayur merupakan sumber mineral, serat, vitamin, yang baik untuk tubuh. Karbohidrat bisa Anda peroleh selain dari nasi putih konsumsilah jagung, kentang, nasi merah, atau ubi jalar.  Sementara untuk kandungan protein, makanan seperti ikan, daging tanpa lemak, tahu, tempe, dan telur.

Penting juga untuk mengatur porsi kandungan minyak, garam, dan gula yang ditambahkan ke makanan yang Anda masak. Baiknya konsumsi 5 sdm minyak, 1 sdt garam, dan 4 sdm gula, dalam satu hari.

Setelah mengetahui pencegahan obesitas di atas, semoga Anda bisa lebih aware dengan kesehatan Anda. Untuk lebih memproteksi diri, perlu juga memiliki asuransi kesehatan seperti

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Mencegah Obesitas Dengan Mudah, Terapkan Tips Ini “. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110