Categories
Asuransi Penyakit Kritis Berita Terbaru Kesehatan Tips Asuransi

Menderita Kelumpuhan, Akibat Dari Jenis Penyakit Ini

Menderita Kelumpuhan, Akibat Dari Jenis Penyakit Ini – Kelumpuhan disebut sebagai paralisis dalam bahasa medis. Kelumpuhan adalah kehilangan fungsi menggerakkan otot (motorik) dari salah satu bagian atau lebih banyak otot tubuh. Kondisi ini dapat disertai dengan kehilangan rasa atau sensori pada area tertentu.

Apabila seseorang yang mengalami kelumpuhan, biasanya tidak akan merasakan rasa sakit pada bagian tubuh yang terkena tersebut. Maka hal inilah yang membuat seseorang merasa tertipu karena tidak menyadari dan mengaggapnya sebagai kondisi yang serius. Padahal bila seseorang menyadari sejak dini dan ditangani dengan segera maka seseorang dapat segera membaik tergantung dari penyebab yang mendasarinya.

Gejala Kelumpuhan

Jika seseorang mulai terkena gejala kelumpuhan biasanya mudah dikenali. Namun bila mengalami kelumpuhan, seseorang akan mengalamai rasa dibagian tubuh tertetu. Terkadang rasa tersebut seperti kesemutan, kebas atau mati rasa, selanjutnya akan membuat tubuh seseorang menjadi sulit untuk digerakkan seperti biasanya.

Mengenal Penyebab Terjadinya Kelumpuhan

Faktor bawaan lahir atau kondisi medis tertentu dapat mengakibatkan terjadinya kelumpuhan. Termasuk cedera yang dapat menjadi salah satu seseorang menjadi lumpuh. Contohnya paska kecelakaan atau tidakan operasi.

Kondisi medis lain bisa menjadi salah satu penyebab adalah :

  1. Cedera otak

Benturan yang sangat keras pada tengkorak otak dapat mengakibatkan rusaknya pembuluh darah, otot dan syaraf. Pada kondisi seperti ini, seseorang akan mengalami kelumpuhan pada  bagian kiri tubuh jika terjadi kerusakan pada bagian kanan otak begitu juga sebaliknya.

  1. Stroke

Bagian otak yang biasanya mengalirkan darahnya menjadi terganggu karena kekurangan oksigen dan nutrisi. Hal inilah yang mengakibatkan sel-sel daerah tersebut menjadi rusak dan mengakibatkan kelumpuhan.

  1. Cedera Saraf Tulang Belakang

Saraf tulang belakan merupakan bagian dari sistem saraf utama dalam tubuh yang berfungsi mengalirkan sinyal menuju keseluruh tubuh dan otak. Kelumpuhan yang parah tergantung dari titik cedera atau kerusakan yang dialami.

Jika semakin dekat dengan leher maka semakin parah pula kondisinya. Dalam hal ini seseorang akan mengalami kelumpuhan yang mengakitbatkan tergangggunya fungsi paru dan otot terganggu.

  1. Multiple Sclerosis

Sistem saraf yang mengalami kerusakan karena reaksi yang tidak normal pada sistem kekebalan  tubuh yang menyerang selaput pelindung saraf (myelin). Dan hal ini juga dapat menggangu aliran sinyal ke otak.

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI, Plan Silver (Advanced CI =  77 Kondisi) Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Kelumpuhan.

Kelumpuhan

“Hilangnya fungsi gerakan sukarela (fungsi motorik) atas fungsi kedua tangan atau kedua kaki, atau satu lengan dan satu kaki, atau satu lengan dan satu kaki, secara total dan tetap yang terjadi setidaknya selama 6 (enam) minggu secara terus menerus. Kondisi ini harus di tegakkan oleh dokter spesialis saraf. Kelumpuhan  akibat perbuatan yang dianggap disengaja oleh diri sendiri dikecualikan dari penyakit ini.”

Klik disini untuk melihat list Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver Allianz.

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110