Categories
Tips Satuterpenting

Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living, Begini Caranya

Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living, Begini Caranya – Frugal living merupakan gaya hidup yang cukup lama di suarakan di beberapa media masa. Gaya hidup ini lebih menekankan pada pola hidup sederhana dan secukupnya saja. Jadi dengan menerapkan gaya hidup frugal living, seseorang akan lebih cerdas dalam mengatur uang bulannya.

Lalu bagaimana cara memulai gaya hidup frugal living ini? Yuk ikuti tips di bawah ini :

  1. Buat anggaran belanja bulanan dengan jelas

Ketika seseorang menerapkan gaya hidup frugal living dengan hidup murah tentunya sangat berbeda. Jika seorang frugalist / hemat, bisanya ia lebih cenderung pada nilai dan akan membeli sesuatu jika diperlukan saja dengan harga yang terjangkau.

Karena orang frugalist ini sebelumnya telah membuat daftar anggaran bulanan. Kemudian selebihnya dirinya akan melanjutkan dengan sisa anggaran yang dimilikinya.

  1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Sebelum sahabat satuters membeli sesuatu, ada baiknya sahabat satuters harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jadi uang tersebut dapat dialokasikan untuk kebutuhan telebih dahulu, sedangkan keinginan sebaiknya di rencanakan setelah semua kebutuhan terpenuhi. Mengapa? Sebab keinginan bukanlah sesuatu yang harus di penuhi.

  1. hindari utang dan rajin menabung

Menabung adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan dan bisa dikatakan wajib. Sebab dengan menabung, sahabat satuters dapat mengontrol semua kebutuhan sesuai dengan sisa uang hingga akhir bulan. Cara ini juga dapat meminimalisir utang.

  1. Manfaatkan transportasi umum masal

Mengendarai kendaraan pribadi memang cukup nyaman, namun kurang sesuai dengan prinsip frugal living. Karena sahabat satuters harus menambah anggaran untuk BBM, service, pajak dan sebagainya.

Jadi sahabatg satuters bisa menggunakan transportasi umum massal saat berpergian maupun pulang kerja. Jika memungkinkan, bisa lakukan jalan kaki dari kantor hingga stasiun atau halte bus. Kurangi juga penggunaan ojek online. Sebab cara tersebut bisa sebagai alternatif  untuk olahraga bukan?

Untuk menerapkan frugal living pada awalnya mungkin terasa susah. Namun, jika dibarengi dengan tekad yang kuat, tentu akan terbiasa. Dan frugal living ini bukanlah hidup pelit melainkan hidup hemat dan pintar dalam mengatur keuangan.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living, Begini Caranya”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110