Categories
Tips Satuterpenting

Mengandalkan Satu Sumber Penghasilan? Begini Mengatur Keuangannya

Mengandalkan Satu Sumber Penghasilan? Begini Mengatur Keuangannya – Ketika pasangan dalam sebuah rumah tangga sama-sama bekerja untuk mencari nafkah atau dua sumber penghasilan tentunya akan lebih leluasa dalam mengatur keuangan rumah tangganya. Namun, banyak pula keluarga yang memutuskan untuk bersandar pada satu pencari nafkah atau satu sumber penghasilan karena beberapa keadaan dan pertimbangan.

Baik satu maupun dua sumber penghasilan bukanlah sebuah penentu keberhasilan untuk mencapai kehidupan finansial yang baik dalam berumah tangga, melainkan sebuah perencanaan keuangan yang matang dan tepat lah yang menentukan keberhasilan.

Apabila sahabat satuters termasuk dalam kategori satu sumber penghasilan, maka jangan khawatir, ada beberapa tips keuangan yang dapat membantu sahabat satuters mencukupi kebutuhan hidup serta menabung untuk masa depan. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya :

  1. Sesuaikan dengan gaya hidup

Apabila sebelumnya keluarga sahabat satuters adalah dua sumber penghasilan kemudian beralih menjadi single income, maka sebaiknya lakukanlah penyesuaian dengan cermat. Sahabat satuters bisa menekan pengeluaran dengan cara berhemat, mengurangi kebiasaan boros yang sebelumnya pernah dilakukan.

  1. Cari penghasilan tambahan

Selalu pastikan bahwa kebutuhan rumah tangga selama sebulan sudah terpenuhi. Apabila penghasilan tersebut tidak bisa mencukupi keluarga, maka pencari nafkah bisa mencari penghasilan tambahan lainnya yaitu mencari pekerjaan baru dengan tawaran yang lebih besar atau membuka bisnis sampingan.

  1. Siapkan dana darurat dan investasi

Agar masa depan sahabat satuters dan keluarga menjadi lebih baik, maka persiapkan dana darurat dan investasi mulai dari sekarang. Besarnya dana darurat tergantung pada jumlah anggota keluarga. Banyak para perencana keuangan menyarankan jika memiliki 2 anak maka 12x pengeluaran bulanan keluarga. Selain itu investasi juga sangat penting untuk di lakukan untuk mencapai kemerdekaan finansial. Asuransi jiwa yang tersambung dengan investasi pun akan memberikan manfaat lebih untuk perlindungan jiwa.

  1. Memiliki asuransi

Setiap orang tidak ada yang dapat memprediksi risiko apa yang akan terjadi di masa depan dan seberapa besar. Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh bagi finansial kita nantinya. Maka dari  itu. memproteksi diri dengan asuransi merupakan cara yang tepat. Tidak hanya pencari nafkah saja yang terlindungi, keluarga pun juga akan terlindungi dari hal yang tidak diinginkan, seperti pencari nafkah meninggal dunia atau tidak terkena musibah. Jadi milikilah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan untuk perlindungan maksimal keluarga.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Mengandalkan Satu Sumber Penghasilan? Begini Mengatur Keuangannya”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.