Categories
Berita Terbaru Kesehatan

Mengenal Kanker Tiroid, Kenali Ciri-Cirinya Sejak Dini Agar Terhindar

Mengenal Kanker Tiroid, Kenali Ciri-Cirinya Sejak Dini Agar Terhindar – Pada tubuh manusia terdapat berbagai banyak kelenjar, salah satunya kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengontrol metabolisme dengan melepaskan hormon yang mengarahkan pada bagian fungsi-fungsi tubuh.

Kelenjar ini berbentuk seperti kupu-kupu kecil dan terletak di bagian dalam depan leher. Apabila kelenjar ini mengalami masalah, maka akan berdampak pada fungsi-fungsi tubuh. Kanker merupakan salah satu gangguan yang sangat serius bila menyerang kelenjar tiroid.

Kanker tiroid akan berkembang ketika sel-sel kelenjar tiroid mengalami mutasi atau perubahan bentuk yang tidak terkendali dan lama kelamaan akan membentuk sebuah tumor dan terlihat seperti penyakit gondok.

Ciri-ciri kanker tiroid

Kanker tiroid sebenarnya jarang terjadi dan biasanya sebagian besar di alami oleh wanita. Awalnya penderita tidak akan merasakan apa-apa. Namun jika ukuran sudah semakin besar dan terlihat jelas benjolan tersebut di bagian depan leher serta benjolan tersebut tidak mudah digerakkan, terasa kencang, tidak terasa sakit, dan cepat membesar, maka sudah dapat dipastikan itu adalah Kanker Tiroid. Berikut ciri-ciri kanker tiroid agar sahabat satuters dapat mendeteksinya lebih dini.

  • Benjolan di leheryang tumbuh dengan cepat
  • Pembengkakan di bagian leher
  • Rasa sakit di bagian depan leher yang terkadang naik ke telinga
  • Sakit tenggorokan
  • Sulit menelan
  • Sulit bernapas
  • Suara serak dan tidak membaik setelah beberapa minggu
  • Nyeri pada bagian leher
  • Batuk terus-menerus

Perlu sahabat satuters ketahui, bahwa tidak semua benjolan yang muncul di leher di sebabkan oleh kanker tiroid. Karena ada juga sebagian besar pembengkakan di akibatkan oleh penyakit Gondok. Gondok adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh kondisi hipertiroidisme (kondisi ketika kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan di dalam tubuh seseorang) atau hipotiroidisme (kondisi ketika jumlah hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid terlalu sedikit).

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Mengenal Kanker Tiroid, Kenali Ciri-Cirinya Sejak Dini Agar Terhindar. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak .Untuk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811