Share this post

Mengkonsumsi Garam Secara Berlebihan? Ini Penyakit Yang Akan Muncul – Garam merupakan salah satu bumbu penyedap rasa yang umum ditemui pada berbagai jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tanpa adanya garam, kebanyakan makan siang dan malam yang Anda santap tentu akan terasa hambar.

Namun, tahukah Anda berapa banyak jumlah garam yang aman dikonsumsi tiap harinya? Menurut data yang dikeluarkan World Health Organization (WHO), jumlah sodium (kandungan dalam garam) yang aman kita konsumsi adalah 2 gram per hari atau sekitar 1 sendok teh. Beberapa organisasi kesehatan lain menyatakan konsumsi hingga 5 gram atau 2,5 sendok teh masih berada dalam batas aman.

Lantas pernahkah Anda terpikir apa yang terjadi bila Anda terlalu sering mengkonsumsi garam dalam jumlah berlebihan? Berikut ini merupakan beberapa informasi bahaya garam :

  1. Penyakit Demensia

Penyakit demensia menyerang otak dan mengakibatkan turunnya berbagai fungsi otak, seperti bahasa, daya ingat, dan perilaku. Penyakit ini timbul akibat tersumbatnya pembuluh darah di otak. Sebagai tambahan, orang dewasa yang mengkonsumsi banyak garam juga berpotensi mengalami penyakit jantung.

  1. Kanker Perut

Konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan sakit maag dan berpotensi menyebabkan kanker perut. Garam yang terlalu banyak dipercaya memiliki hubungan erat dengan pengrusakan lapisan mukosa pada lambung, sehingga membuat jaringan lambung menjadi tidak normal.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi garam yang tinggi dapat menyebabkan tingginya kadar natrium di dalam darah. Hal ini menyebabkan volume darah meningkat, sehingga tekanan darah juga naik. Hal ini berujung pada berbagai gangguan kesehatan lain, seperti hipertensi, stroke, dan gagal jantung.

  1. Gangguan Fungsi Ginjal

Garam membantu ginjal menjalankan prosesnya untuk menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Konsumsi garam berlebih dapat mengganggu proses tersebut. di mana volume darah meningkat akibat ginjal menahan air untuk dibuang ke urin. Salah satu cirinya adalah edema, yaitu pembengkakan yang terjadi akibat kelebihan cairan di beberapa bagian tubuh, misalnya pergelangan tangan dan kaki.

  1. Hilangnya Rasa Makanan

Pada saat terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi, lidah akan menjadi terbiasa dengan rasa asin. Ini dapat menyebabkan tubuh Anda secara tidak sadar ingin menambah jumlah garam pada makanan untuk membuat rasanya menjadi lebih kuat. Hal ini berbahaya karena Anda semakin rentan terkena berbagai gangguan kesehatan lain yang dijelaskan sebelumnya.

 Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Mengkonsumsi Garam Secara Berlebihan? Ini Penyakit Yang Akan Muncul“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

MARCH 26, 2020

Cara Gunakan Masker Dengan...

Cara Gunakan Masker Dengan Benar Agar Tidak Tertular Virus Corona – Menutup hidung...

0

MARCH 25, 2020

Memiliki Asuransi Jiwa Apakah...

Memiliki Asuransi Jiwa Apakah Itu Penting? Ini Penjelasannya – Sedia payung sebelum...

0

MARCH 24, 2020

Tentang Premi Asuransi...

Tentang Premi Asuransi Kesehatan, Yuk Kenali Lebih Jauh – Premi Asuransi merupakan...

0

MARCH 23, 2020

Tips Agar Tidak Mudah...

Tips Agar Tidak Mudah Tertular Virus Corona, Begini Caranya – Virus ini...

0

MARCH 22, 2020

Kesehatan Tubuhmu Ternyata Di...

Kesehatan Tubuhmu Ternyata Di Pengaruhi Oleh Hal Ini – Kesehatan pribadi merupakan...

0

MARCH 21, 2020

Fakta Tentang Penyebaran...

Fakta Tentang Penyebaran Virus Corona Yang Wajib Di Ketahui – Fenomena virus...

0
Call Now Button