Categories
Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Menjadi Racun, Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali

Menjadi Racun, Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali – Salah satu kebiasaan yang sudah umum dilakukan oleh masyarakat indonesia, jika makanan yang tidak habis tentunya akan di simpan ke dalam lemari pendingin atau kulkas kemudian diipanaskan lagi untuk dikonsumsi bukan? Selain karena alasan efektif dan efisien, dengan menghangatkan makanan maka dapat menggugah selera, apalagi bagi yang tidak suka dengan makanan yang dingin.

Namun tahukah sahabat satuters, bahwa ada beberapa jenis makanan yang jika dipanaskan kembali akan beresiko meracuni tubuh seseorang karena bersifat karsigonik yaitu memicu terjadinya penyakit seperti kanker.

Penasaran jenis makanan apa saja itu? Berikut penjelasannya :

Ayam

Ayam memiliki susunan protein yang sangat baik bagi tubuh. Namun jika ayam tersebut dipanaskan berulang-ulang maka susunan proteinnya akan menjadi rusak. Apalagi jika dipanaskan hingga berubah warna. Bukan hanya proteinnya saja yang rusak, namun juga memicu terjadinya beberapa penyakit seperti kolesterol, darah tinggi, jantung bahkan kanker. Kalaupun sahabat satuters ingin memanaskan kembali, maka cukup menggunakan api yang kecil dan dalam waktu yang singkat saja.

Bayam

Ketika bayam sudah dimasak maka sebaiknya jangan memanaskannya lagi. Hal ini, karena bayam mengandung banyak viamin nitrat (N03). jadi jika nitrat tersebut terkena panas yang berulang maka akan berubah menjadi nitrit (N02), yaitu pemicu terjadinya kanker, karena telah menjadi racun.

Kentang

Bagi sahabat satuters yang menyukai makanan berbahan dasar kentang, usahakan untuk tidak memanaskannya lagi. Kenapa? Karena kandungan yang ada didalamnya akan berkurang secara signifikan. Selain itu kentang juga memicu terbentuknya bakteri botulisme yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Gorengan dan santan

Nah,, siapa nih yang sangat suka dengan makan gorengan dan bersantan? Tentunya banyak orang yang menyukainya. Namun tahukah sahabat satuters, jika gorengan dan santan dipanaskan kembali maka akan membuat kolesterol menjadi menumpuk. Alhasil dapat mengakibatkan seseorang beresiko terkena penyakit berat seperti jantung koroner bahkan stroke.

Nasi

Nasi yang dihangatkan kembali baik itu dengan microwave ataupun rice cooker terkadang dapat memicu keracunan makanan lho. Pasalnya akan menyebabkan pertumbuhan spora dari bakteri Bacillus careus. ketika nasi mulai dingin maka spora akan terus berkembang biak dan memproduksi neurotoksin yang dapat mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh. Nah sebenarnya bukan karena pemanasannya yang berakibat buruk namun Ketika nasi matang dan dibiarkan pada suhu kamar, ini dapat berkembang biak dan menghasilkan racun yang menyebabkan diare serta muntah. So, secukupnya aja memasak nasi agar tidak berlebih.

Sumber : resep koki , Pastisania

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Menjadi Racun, Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110